0
Tipscaraalami.com - Manfaat buah kurma - Bagi orang Indonesia dan orang Islam pada khususnya pasti mengenal buah kurma. Buah yang berwarna hitam kecoklatan ini dan menjadi ciri khas negara-negara timur tengah dengan rasa yang manis. Selain itu, bagi orang Indonesia yang menunaikan ibadah haji di tanah suci pasti akan membawa buah kurma ini sebagai salah satu oleh-olehnya. Buah ini sangat digemari hampir diseluruh dunia karena rasanya.

Tahukah Anda manfaat buah kurma untuk kesehatan tubuh? Hampir mayoritas semua umat Islam tahu bahwa buah kurma ini sangat baik bagi kesehatan dan terdapat pada hadist-hadist dari Nabi Muhamad SAW. Lalu, apa saja manfaat buah kurma ini?

Buah kurma saat ini sangat mudah didapatkan di pasaran dengan berbagai merek atau jenis. Dari pasar tradisional sampai supermarket semua menyediakan buah yang satu ini. Jadi, kita tidak perlu membeli buah tersebut ke negara penghasilnya seperti Arab Saudi. Kurma termasuk jenis buah-buahan, maka tidak heran jika buah kurma ini juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Kali ini, kami akan memberikan beberapa ulasan mengenai khasiat buah kurma dan manfaat buah kurma.


manfaat buah kurma
Manfaat buah kurma (c) tajagroproducts.com
Seperti dilansir dari berbagai sumber, berikut 9 manfaat buah kurma untuk kesehatan tubuh kita.


Manfaat Buah Kurma

1. Untuk tulang
Buah kurma mengandung zat mineral, selenium, magnesium, mangan serta tembaga. Zat tersebut merupakan nutrisi yang sangat baik dan dibutuhkan untuk menjaga serta merawat kesehatan tulang anda. Dengan mengkonsumsi buah kurma, Anda dapat menjaga tulang Anda dari osteoporosis dan pengeroposan tulang.

2. Menambah stamina
Selain membuat tulang Anda sehat dan kuat, manfaat buah kurma yang lainnya adalah dapat menambah stamina Anda. Dengan kandungan glukosa, sukrosa dan fruktosa yang sangat tinggi buah kurma mampu menjadi penambah stamina dan energy dengan cepat. Gula alami yang terdapat pada buah kurma mampu menghilangkan rasa letih, lesu, lemas dan membuat Anda segar kembali. Jadi, jika Anda sedang menjalani aktivitas yang padat, sangat dianjurkan mengkonsumsi buah kurma dan tentunya lebih aman dari pada suplemen-suplemen yang berbentuk obat-obatan.

3. Anemia
Anemia menjadi salah satu penyakit yang dapat menghambat aktivitas Anda. Jika Anda mengidap anemia, Anda dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi buah kurma karena buah kurma ini mengandung zat besi yang cukup tinggi, jadi bisa menambah darah secara alami.

4. Pencernaan
Dengan kandungan serat serta asam amino yang cukup tinggi, buah kurma mampu menyehatkan sistem pencernaan Anda. Serat dan asam amino tersebut membantu proses pencernaan makanan Anda menjadi lebih baik dan efisien serta meringankan kerja sistem pencernaan Anda.

5. Mengatasi susah buang air besar
Selain melancarkan pencernaan, manfaat buah kurma lainnya dapat mengatasi susah BAB. Serat yang terdapat pada buah kurma mampu mengatasi masalah susah buang air besar. Oleh karena itu, jika Anda mengalami masalah susah buang air besar, Anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan mengkonsumsi buah kurma secara teratur.

6. Kesehatan otak
Dengan kandungan kalium di dalamnya, buah kurma mampu membantu Anda untuk mengoptimalkan kerja otak. Kalium sendiri berfungsi untuk meningkatkan kesehatan serta kecepatan berfikir Anda.

7. Manfaat buah kurma mencegah stroke
Seperti yang diketahui, buah kurma mengandung potassium. Potassium sendiri sangat berguna bagi kesehatan tubuh Anda dengan membantu menghindarkan seseorang dari resiko serangan penyakit stroke dan berbagai penyakit yang menyerang jantung Anda.

8. Baik untuk ibu hamil dan pertumbuhan janin
Buah kurma yang sudah matang, sangat kaya dengan kandungan kalsium dan zat besi. kandungan zat besi seta kalsium tersebut sangat berguna untuk menggantikan energy ibu-ibu hamil maupun menyusui. Selain itu, kedua zat tersebut juga berguna untuk membantu pertumbuhan janin di dalam kandungan.

Manfaat buah kurma yang terakhir untuk ibu hamil adalah sangat baik bagi ibu yang akan melahirkan. Buah kurma mengandung hormone yang menyerupai hormone oxytocine. Dimana hormone oxytocine tersebut sangat berguna untul mencegah pendarahan perempuan yang sedang melahirkan dan mempercepat proses penyembuhan Rahim seperti keadaan sebelum waktu hamil yang berikutnya.

Itulah beberapa manfaat buah kurma dan khasiat buah kurma untuk kesehatan tubuh. Setelah kita mengetahui manfaat serta khasiatnya, tentu kita akan lebih mantap mengkonsumsi buah yang satu ini. Namun terkadang, buah kurma yang sejatinya mengandung banyak manfaat dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab demi memperoleh keuntungan pribadi. Untuk itu, saat membeli buah kurma ini alangkah baiknya kita berhati hati agar tidak merugikan diri sendiri. Alih-alih mendapatkan kebaikan buah kurma, mungkin penyakit yang akan kita dapatkan. Untuk itu, disarankan untuk membeli kurma pada pedagang jujur dan besertifikat.

Semoga artikel manfaat buah kurma ini bermanfaat bagi Anda. Dan jangan lupa juga untuk mengetahui akan manfaat buah lainnya, seperti manfaat buah pisang dan manfaat buah mangga. Terimakasih!
loading...
loading...
 
Top