7 Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan

Tipscaraalami.com - Manfaat buah bit - Buah bit, banyak orang yang masih asing bahkan tidak tahu tentang buah yang satu ini karena memang buah ini tidak tumbuh di Indonesia. Di negara asalnya, buah ini biasa digunakan sebagai pewarna alami untuk makanan. Buah bit termasuk dalam kategori umbi-umbian dan berasal dari wilayah Inggris maupun Amerika. Namun, sekarang ini kita dapat menemukan buah bit di supermarket-supermarket terutama di kota-kota besar.

Tahukah Anda bahwa buah bit ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita? buah bit dapat dikonsumsi dengan cara direbus, di buat jus, sup atau kreasikan dengan kreasi Anda. Sebelum kami menjelaskan khasiat buah bit serta manfaat buah bit, alangkah lebih baik jika Anda mengetahui kandungan-kandungan yang terdapat pada buah yang satu ini. Kandungan buah bit antara lain:

  • Buah bit memiliki kandungan vitamin C sebesar 10,2 % yang berguna untuk menumbuhkan dan menormalkan saluran-saluran darah.
  • Buah bit mengandung magnesium sebesar 9,8 % yang berfungsi untuk menjaga serta merawat fungsi otot dan syaraf.
  • Buah bit mengandung asa, folat sebesar 6,5 % yang berfungsi untuk menumbuhkan serta mengganti sel-sel yang telah rusak.
  • Buah bit mengandung fosfor sebesar 6,6 % yang berfungsi untuk memperkuat tulang.
  • Buah bit mengandung caumari yang berfungsi untuk mencegah tumor
  • Buah bit mengandung betasianin yang berfungsi untuk mencegah kanker.
  • Buah bit mengandung kalium sebesar 14,8 % berfungsi memperlancar keseimbangan cairan tubuh.
  • Buah bit mengandung serat sebesar 13,6%
  • Buah bit mengandung triptofan sebesar 1,4 %
  • Buah bit mengandung zat besi sebesar 7,4 % yang berfungsi untuk melancarkan metabolism dan memperkuat imun.
  • Buah bit mengandung tembaga sebesar 6,5 % yang berfungsi untuk membentuk sel darah merah.
manfaat buah bit
Manfaat buah bit (c) Pixabay.com/margenauer
Nah, ternyata begitu banyak kandungan buah bit. Selain kandungan buah bit, seperti dilansir dari berbagai sumber, ini manfaat buah bit untuk kesehatan yang sangat luar biasa.

Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan

1. kesehatan jantung
Manfaat buah bit bagi kesehatan tubuh yang pertama adalah menjaga kesehatan jantung. Betaine yang ada pada buah bit berfungsi untuk mengurangi lemak dari aliran darah yang dapat menghambat aliran darah ke jantung. Selain itu buah bit juga dapat memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh. Oleh karena itu buah bit dapat menjaga kesehatan jantung Anda.

2. Membuat tubuh segar bugar
Dengan kandungan nitratnya, buah bit membantu orang yang mengkonsumsinya untuk berolahraga 16 % lebih lama karena nitrat tersebut mengurangi pengeluaran maupun pembakaran oksigen pada saat Anda berolahraga. Hal ini akan membuat rasa lelah Anda berkurang saat berolahraga. Caranya cukup mudah, Anda cukup membuah jus dari buah bit dan meminumnya sebelum Anda berolahraga.

3. Mengurangi resiko anemia
Selain membuat tubuh segar bugar, manfaat buah bit lainnya adalah mengurangi resiko anemia. Dengan kandungan tembaga yang cukup banyak, buah bit mampu mengurangi dan mengobati gejala anemia. Selain itu, kandungan zat besinya mampu mengaktifkan dan meregenerasi kembali sel-sel darah merah dan menyuplai oksigen ke aliran darah.

4. Pencernaan
Anda mengalami masalah pencernaan seperti mual, diare maupun disentri? Mungkin buah bit ini mampu mengatasi segala masalah pencernaan Anda. Caranya sangat mudah, cukup dengan membuat jus buah bit yang dicampur dengan wortel dan jeruk nipis maka pencernaan Anda akan normal kembali. Selain itu Anda juga dapat mengatasi masalah pada perut Anda, caranya dengan meminum jus buah bit yang telah dicampur dengan madu pada pagi hari sebelum sarapan.

5. Membersihkan ginjal dan kandung empedu
Jika Anda mengkonsumsi buah bit, maka Anda dapat membersihkan ginjal dan kandung empedu Anda. Caranya adalah dengan membuat jus buah bit yang dicampur dengan wortel dan mentimun. Maka ginjal Anda akan dibersihkan secara alami dan membuang tumpukan racun pada kedua organ tersebut.

6. Pewarna alami makanan
Selain manfaat di atas, manfaat buah bit lainnya adalah dapat digunakan sebagai pewarna makanan alami. Jadi Anda bisa mengganti pewarna kimia ke pewarna alami dengan buah bit ini. Buah bit sendiri memiliki kandungan betanin yang dapat menghasilkan warna merah cemerlang dan sering dipakai sebagai pewarna makanan yang alami misalnya jeli, pudding, es krim dan lain sebagainya.

7. Membersihkan racun
Kandungan serat yang tinggi pada buah bit sangat bermanfaat membersihkan racun-racun dalam tubuh.

Itulah sedikit ulasan tentang manfaat buah bit untuk kesehatan yang sangat asing bagi masyarakat Indonesia karena memang buah bit tidak tumbuh di negara kita. Namun dengan khasiat dan manfaat yang begitu berguna bagi kesehatan kita, buah bit layak menjadi pilihan makanan yang patut kita konsumsi.

Nah, selain manfaat buah bit untuk kesehatan, tak ada salahnya Anda mengetahui manfaat buah rambutan untuk kesehatan. Semoga bermanfaat!