16 Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Tipscaraalami.com - Manfaat mentimun, khasiat mentimun, dan kandungan mentimun bagi kesehatan dan kecantikan - Mentimun adalah tumbuhan atau tanaman yang menghasilkan buah yang enak bila dimakan. Mentimun termasuk dalam suku labu-labuan, dan budidaya mentimun sudah banyak dilakukan di Indonesia. Selain kata mentimun, masyarakat Indonesia juga menyebutnya dengan nama timun dan ketimun.

manfaat mentimun bagi kesehatan dan kecantikan
(c) Pixabay.com/PublicDomainPictures

Buah yang warnanya hijau agak putih bila hampir masak ini banyak yang menikmati dengan cara memakannya secara mentah, dan sebagai penyedap minuman. Selain itu, mentimun juga digunakan pada masakan, dan juga mempercantik suatu hidangan.

Kandungan mentimun dipercaya ampuh menyembuhkan kolesterol, mencegah kanker, dan banyak lagi manfaat mentimun untuk kesehatan dan juga manfaat mentimun untuk kecantikan. Seperti dilansir dari Care2.com, berikut 16 manfaat mentimun lainnya bagi kesehatan dan juga kecantikan.


Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan

1. Mencegah dehidrasi
Mentimun sama juga seperti buah semangka yang banyak mengandung air. Jadi makan mentimun akan mencegah dehidrasi walau Anda tidak banyak minum air, atau persediaan air Anda menipis.

2. Mengatasi panas dalam dan luar
Coba makan mentimun ketika tubuh menderita heartburn. Selain itu, kulit terbakar matahari juga bisa diatasi dengan masker mentimun. Caranya Anda bisa menempelkan mentimun yang telah di iris di wajah atau bisa juga mentimun yang diblender.

3. Mengusir racun
Selain mengatasi panas, manfaat mentimun lainnya adalah mengusir racun. Mengkonsumsi mentimun juga bisa membersihkan racun dalam tubuh. Kandungan air pada mentimun sifatnya seperti sapu yang mengusir racun dari dalam tubuh dan menyehatkan ginjal.

4. Kaya vitamin
Mentimun adalah buah yang juga kaya akan vitamin. Anda bisa mendapatkan khasiat dari vitamin A, B, dan C yang bisa meningkatkan sistem imun, memberikan energi, dan menjaga kesehatan tubuh.

5. Baik bagi kulit
Manfaat mentimun untuk kecantikan adalah dapat menjaga kulit Anda agar selalu cantik dan sehat. Kandungan magnesium, kalsium, dan silikon bermanfaat untuk kulit.

6. Menurunkan berat badan
Ternyata mengkonsumsi buah mentimun bermanfaat menurunkan berat badan. Anda bisa menikmati mentimun dengan bentuk salad atau taburan yogurt, itu adalah camilan terbaik untuk menurunkan berat badan.

7. Menyegarkan mata
Manfaat mentimun untuk mata yaitu dapat menyegarkan, dan menyehatkan mata. Caranya Anda bisa meletakkan irisan mentimun di atas mata. Manfaat mentimun untuk mata tidak hanya membuat mata Anda segar saja, tetapi mentimun dapat membuat mata Anda jadi cantik, menghilangkan kerutan di mata dan lingkaran hitam di mata.

8. Mencegah kanker
Seperti banyak yang dipaparkan oleh para peneliti, mengkonsumsi mentimun dapat menurunkan resiko kanker.

9. Menyegarkan mulut
Manfaat mentimun tidak hanya mencegah kanker, tetapi menyegarkan mulut. Untuk membuat mulut Anda jadi segar, menghilangkan bau mulut, dan mengobati penyakit gusi, Anda bisa menikmati mentimun dengan cara membuat jus dan bisa juga memakannya mentah-mentah.

10. Melancarkan pencernaan
Kandungan serat yang kaya pada mentimun ternyata membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, mengunyah mentimun adalah olahraga yang baik bagi rahang.

11. Baik bagi rambut dan kuku
Ternyata kandungan silika pada mentimun sangat bermanfaat membuat rambut dan kuku Anda lebih kuat dan bersinar.

12. Mengatasi nyeri otot
Semua kandungan vitamin dan mineral pada mentimun ternyata bermanfaat sebagai obat untuk mengatasi nyeri otot dan nyeri sendi.

13. Kestabilan tekanan darah
Pasti semua manfaat ini sudah banyak yang tau, yaitu dapat membuat tekanan darah stabil. Jadi mentimun sangat cocok dikonsumsi bagi Anda yang menderita tekanan darah tinggi maupun rendah.

14. Kesehatan ginjal
Karena mentimun mampu menurunkan kadar asam urat dalam sistem, kesehatan ginjal pun akan tetap terjaga. Jadi tak ada ruginya mengkonsumsi mentimun.

15. Diabetes
Bagi penderita penyakit diabetes sangat disarankan untuk mengkonsumsi mentimun. Mentimun berfungsi meningkatkan produksi insulin yang bertugas mengontrol kadar gula darah.

16. Menurunkan kolesterol
Seperti yang sudah disebutkan, makan mentimun adalah salah satu cara ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Itulah beberapa manfaat mentimun untuk kesehatan dan kecantikan. Ternyata begitu berlimpah manfaatnya hanya dengan mengkonsumsi mentimun saja. Jadi jangan malas dan ragu untuk memakan mentimun dan rasakan kesemua manfaat diatas. Segera masukkan mentimun ke dalam daftar belanjaan Anda, karena tidak ada sedikitpun kerugian bila Anda mengkonsumsinya. Semoga bermanfaat!