Cara Mengatasi Insomnia Atau Susah Tidur Secara Alami

Cara mengatasi insomnia - Setiap orang pasti membutuhkan istirahat, termasuk kebutuhan akan tidur. Karena dengan tidur semua organ di tubuh akan bekerja lebih cepat seperti otak, kesehatan kulit, mata dan pikiran semua bekerja lebih cepat. Oleh karena itu tidur sangat penting untuk kesehatan tubuh. Banyak orang kurang tidur karena mereka mementingkan kesibukannya, sehingga waktu istirahat berkurang dan lama kelamaan ini dapat mengakibatkan insomnia yaitu penyakit tidak bisa tidur.

Bagi sebagian orang menganggap penyakit ini hanya sebagai penyakit biasa dan berjangka pendek. Namun ada juga yang beranggapan bahwa penyakit ini merupakan penyakit kronis. Disebut penyakit kronis ini biasanya karena susah tidur disebabkan oleh stress berat hingga mereka merasakan pusing berat dan susah untuk tidur. Meski penyakit ini disebut kronis, penyakit ini bisa disembuhkan atau tanda-tandanya hilang yaitu si penderita mulai mengetahui penyebab stress dan bisa mengatasinya sedikit demi sedikit.

Cara mengatasi insomnia

Sedangkan untuk penyakit insomnia yang berjangka pendek biasanya terjadi sekitar 1 sampai 6 bulan. Insom jangka pendek ini datang dikarenakan suatu keadaan atau situasi tertentu yang menekan kegiatan mereka seperti lingkungan yang tidak diharapkan.

Sebenarnya insomnia dapat dibedakan menjadi 3 jenis insomnia yaitu insomnia tidak bisa tidur, insomnia bangun terlalu awal sebelum pagi dan yang terakhir adalah jenis insomnia susah tidur beberapa jam di waktu malam hari. Mungkin banyak orang mengartikan insomnia yaitu hanya penyakit susah tidur saja, akan tetapi sebenarnya ada 3 jenis insomnia tersebut yang mungkin ada sebagian dari anda yang membaca mengalaminya.

Lihat juga:
20 Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami Terbukti Manjur
7 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami Dan Cepat
23 Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami Ampuh
9 Tips Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Bagi anda yang sulit menebak apakah itu insomnia atau memang kebiasaan buruk anda dalam hal tidur.
Ini ada beberapa gejala yang menandakan bahwa itu merupakan insomnia yaitu sebagai berikut:
  • sesak nafas sebelum tidur
  • sering buang air kecil dimalam hari
  • pusing dan itu tidak memikirkan apapun
  • sulit memejamkan mata
  • adanya perasaan cemas atau kawatir akan sesuatu
  • dll
Berikut merupakan dampak dari penyakit insomnia yaitu sebagai berikut :
  • fisiologis : Biasanya penyakit insomnia ini diakibatkan oleh keadaan atau tekanan yang berlebihan yaitu stress.
  • psikologis : gangguan psikologis ini biasanya lebih pada gangguan konsentrasi, ingatan memori, depresi dan hilang motivasi.
  • fisik : dampak yang dialami oleh fisik si penderita yaitu lelah, letih, nyeri sendi dan hipertensi darah tinggi.
  • social : kualitas hidup di lingkungan menjadi berkurang, seperti berkurangnya promosi dari lingkungan kerja, kurang bergairah dalam berhubungan seks dan keluarga.
  • kematian : dalam hitungan medis dan hasil penelitian, bahwa orang yang tidurnya kurang dari angka normal yaitu sekitar 5 jam maka ia mempunyai angka presentasi hidup lebih sedikit dibanding dengan mereka yang tidur dengan angka normal yaitu 7 sampai 8 jam perhari.

Sedangkan berdasar realita kehidupan nyata tercatat orang yang mempunyai riwayat insomnia banyak yang mengalami kecelakaan lalulintas baik itu kecelakaan sendiri atau ada lawannya, kecelakaan mobil atau sepeda motor. Nah, bagi anda yang merasa mengalami insomnia, sebaiknya anda jangan khawatir lagi karena ada beberapa cara agar anda bisa terhindar dari penyakit ini dan salah satunya adalah dengan memperbaiki pola tidur anda.

Biasakan untuk tidur teratur dan cukup setiap harinya. Cara mengatasi insomnia secara alami ini bisa anda mulai dengan pergi tidur dan bangun diwaktu yang sama setiap harinya. Lakukanlah cara ini rutin setiap hari dan hal yang perlu anda hindari yaitu sebaiknya kurangi minum – minuman yang banyak mengandung kafein serta kurangi pemakaian gadget sebelum tidur, karena sinar biru pada gadget dapat mengganggu tidur anda serta bisa membuat anda sulit tidur.

Cara mengatasi insomnia selanjutnya yaitu dengan cara mengurangi konsumsi alcohol dan hindari tidur dalam keadaan lapar. Jika anda minum alcohol kemudian anda tertidur maka keesokan harinya setelah bangun tidur anda akan merasakan pusing atau mual atau hal lain yang membuat anda tidak nyaman. Sedangkan jika anda tidur dalam keadaan lapar, hal ini akan membuat tidur anda tidak nyenyak dan mungkin anda sangat terganggu sehingga keesokan harinya saat terbangun badan anda akan terasa lebih lelah serasa bekerja keras.

Cara mengatasi insomnia secara alami yang tidak kalah manjur yaitu dengan mandi relaksasi dengan lavender yang sudah terkenal aromanya mampu menenangkan dan bisa mengobati insomnia. Sudah terbukti oleh banyak orang, jika mereka merasa stress dan capek akibat banyak kegiatan setelahnya mereka mandi berendam dan mereksasikan tubuhnya dengan aroma lavender sehingga tubuhnya akan kembali frees begitujuga dengan pemikirannya dan dengan hal ini bisa membuat insomnia menghilang. Cara mengatasi insomnia yang terakir ini bisa anda lakukan setiap hari sebelum anda tidur dan teratur.

Nah cara mengatasi insomnia sudah ada dan mudah praktekkan bukan, sayangi tubuh anda, jaga kesehatan dan hindari insomnia untuk hidup sehat.

Artikel lainnya:
Cara Mengobati Keputihan Secara Alami
Cara Mengobati Ambeien Secara Tradisional Alami Dan Cepat
7 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami Dan Permanen
Cara Memperbanyak ASI Dengan Makanan Sehat