8 Manfaat Buah Semangka Bagi Kecantikan dan Kesehatan

Semangka? Siapa yang belum pernah mencoba atau memakan buah yang satu ini. Buah yang bulat besar dan berwarna hijau dan dalamnya merah ini sangatlah menggoda di kala cuaca yang sangat panas. Maka dari itu, jangan ragu untuk tidak mengonsumsi buah yang satu ini. Buah yang segar dan banyak mengandung air ini cukup laris sekali saat musim ramadhan tiba. Manfaat buah semangka memanglah sangat banyak sekali. Tak sekadar menjadi pencuci mulut, namun lebih dari itu, manfaat buah semangka sangat banyak.

Buah semangka sangat baik untuk metabolism tubuh. Karena memiliki banyak manfaat buah semangka layak dijadikan primadona buah. Kalau bosan dengan memakannya secara biasa, anda bisa membuatnya jus semangka, es buah, atau dibuat campuran salad buah atau puding buah. Sangat sayang sekali kalau anda tak doyan dengan buah yang satu ini.

Manfaat buah semangka
Tanaman yang satu ini budidayanya juga cukup mudah. Masalahnya lancar air dan juga anti hamanya yang menjadi masalah utama. Yuk untuk para pecinta buah untuk tetap menjaga agar tanaman ini bisa berbuah dan anda bisa memetiknya sendiri di rumah. Jadi jangan asal menanam ya agar hasilnya bisa memuaskan. Manfaat buah semangka bisa untuk kesehatan dan juga untuk kecantikan. Bagi wanita yang ingin tampil cantik dan menarik, kini bisa menggunakan semangka untuk terapi kecantikan yang alami dan juga tentunya sangat aman. Untuk lebih jelasnya yuk kita simak saja apa manfaat buah semangka baik dari segi kesehatan maupun dari segi kecantikan:

1. Anti Penuaan


Agar terhindar dari penuaan dini, ada baiknya anda untuk mengonsumsi buah semangka yang seimbang. Kandungan likopen dalam semangka membantu anda dalam mengantisipasi penuaan dini. Zat anti oksidan pada semangka bisa mengatasi zat radikal bebas pada tubuh. Konsumsi secara seimbang setiap hari agar bisa memperoleh hasil yang maksimal dan terhindar dari penuaan.

Lihat juga:
7 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh
10 Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan
Ini Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan Tubuh Anda
Manfaat Buah Sawo Bagi Kecantikan Dan Kesehatan

2. Menjaga Kelembaban Kulit


Nah, manfaat buah semangka selanjutnya adalah bisa menjaga kelembaban kulit. Hal ini karena kandungan air pada buah semangka bisa menyuplai kebutuhan air dalam tubuh. Sehingga tubuh akan terbebas dari dehidrasi. Selain semangka, buah yang mengandung banyak kandungan air adalah buah mentimun.

3. Mengecilkan Pori Wajah


Bagi anda yang bermasalah masalah pori wajah dan wajah berminyak, ada baiknya untuk mencari obat dari manfaat buah semangka. Pori yang membesar akan memproduksi minyak yang berlebih. Nah maka dari itu, konsumsi buah semangka secara rutin agar masalah klasik wajah ini bisa teratasi dengan mudah.

4. Meremajakan Sel Kulit


Untuk manfaat buah semangka selanjutnya yakni menjaga meremajakan sel kulit. Bagi yang kulitnya kusam dan terkena polusi setiap hari ada baiknya maskeran dengan buah semangka. Kandungan buahnya yang segar dapat meremajakan kulit anda.

5. Memelihara Kesehatan Ginjal


Nah bagi yang takut ginjalnya kenapa kenapa, ada baiknya mengonsumsi buah semangka. Siapa sangka, manfaat buah semangka mengandung kalium yang bisa menjaga ginjal agar tetap sehat dan bisa bekerja dengan baik.

6. Pencegahan Terhadap Sariawan


Agar mulut tetap sehat, manfaat buah semangka dapat dijadikan pencegahan terhadap sariawan. Sariawan bisa muncul akibat mulut kering dan sebagainya. Nah tunggu apa lagi, jangan meragukan khasiat dan manfaat buah yang sangat segar yang satu ini. Sariawan adalah penyakit mulut yang sangat menyebalkan.

7. Mengurangi Risiko Hipertensi


Sudah rahasia umum kalau manfaat buah semangka bisa mengurangi risiko hipertensi. Dan bagi yang mengidap darah tinggi bisa mengonsumsi buah semangka ini. Kandungan karetenoid dapat mencegah pengerasan dinding pembuluh pada arteri.

8. Antioksidan


Nah, bagi yang kebanyakan menghirup polusi dan sebagainya, ada baiknya mengonsumsi semangka. Zat antioksidannya mampu membersihkan tubuh dari berbagai polutan. Manfaat buah semangka memang sangat luar biasa bukan? Harganya yang cukup terjangkau dan mudah didapatkan tentu akan memudahkan anda untuk setiap saat menikmatinya bukan?

Demikian artikel tentang buah semangka. Semoga bisa menambah wawasan dan juga pengetahuan anda. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan sehat dan juga terus berolahraga agar raga tetap bugar.

Artikel lainnya:
Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan, Khususnya Untuk Ibu Hamil
7 Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan
12 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
7 Manfaat Buah Markisa Bagi Kesehatan Tubuh