Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan Yang Unik

Manfaat buah manggis - Buah manggis merupakan salah satu jenis buah yang banyak di sukai oleh orang dari berbagai kalangan. Selain sensasi rasanya yang menyegarkan, buah manggis juga terkenal sebagai jenis buah yang menyimpan sejuta manfaat serta khasiat bagi tubuh kita. Buah yang akrab kita panggil manggis ini memiliki nama latin Garcinia Mangostana yang merupakan tanaman dari area tropis dan tersebar di wilayah Asia Tenggara seperti Singapura, Thailand, Malasyia, Vietnam dan di kawasan Afrika.

Manfaat buah manggis
Buah yang terdiri dari tiga bagian ini merupakan ratu dari buah-buahan tropis, pasalnya manfaat buah manggis sangat banyak sekali dan tidak dapat di ragukan lagi. Tiga utama bagian buah manggis ialah, kulit, daging serta bijinya. Ketika anda mengkonsumsi buah yang satu ini secara rutin, maka anda akan mendapatkan manfaat buah manggis yang kompleks, baik berupa manfaat untuk kesehatan ataupun kecantikan.

Manfaat buah manggis sesuai kandungan nutrisinya


Manfaat buah manggis dapat anda rasakan sendiri, karena dalam buah manggis terkandung beberapa senyawa dan nutrisi penting yang baik bagi tubuh. Berikut manfaat buah manggis menurut kandungan gizi dan nutrisinya:

Terdapat Antioksidan


Telah banyak studi dan penelitian yang dilakukan untuk mengintai manfaat buah manggis yang sesungguhnya. Dan dari beberapa penelitian telah di dapati, jika kandungan antioksidan pada buah berkulit ungu ini dapat menyembuhkan sel-sel yang di rusak oleh radikal bebas, melambatkan proses penuaan serta mencegah beberapa penyakit.

Lihat juga:
5 Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan
10 Manfaat Buah Plum Untuk Kesehatan
8 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Yang Menakjubkan
5 Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Kalori


Buah manggis memiliki kandungan kalori yang rendah. Sehingga bagi anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan, akan sangat di untungkan sekali jika memasukkan manggis ke dalam menu diet anda.

Vitamin C


Vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan infeksi serta flu, dengan menyantap buah yang kaya akan vitamin C seperti manggis, maka akan snagat berdampak baik bagi kesehatan anda.


Manfaat buah manggis untuk obat tradisional


Manfaat buah manggis selain untuk mencegah sel kanker juga dapat dipergunakan sebagai obat alami. Jadi, jika saat ini anda terlalu banyak dan sering mengkonsumsi obat-obatan yang berasal dari bahan kimia, mulailah menghindarinya, karena terlalu banyak memakan zat kimia tidak akan berefek baik bagi tubuh kita. Pilihlah alternatif obat alami atau tradisional dengan memanfaatkan komponen buah manggis, mulai dari kulit hingga dagingnya.

Komponen buah manggis mulai dari kulit daging hingga biji dapat anda gunakan untuk menjadi obat alami penangkal radikal bebas. Karena bagian-bagian dari buah tersebut mengandung zat antioksidan yang cukup tinggi. Manfaat buah manggis yang unik ini dapat anda rasakan sendiri apabila anda sudah mencobanya. Selain itu, buah manggis juga sangat baik bagi wanita, tetapi bagi wanita yang tengah hamil muda sebaiknya menghindari mengkonsumsi manggis.

Manfaat buah manggis sebagai obat alami ini juga berkhasiat untuk meluluh-lantahkan segala macam penyakit di dalam tubuh anda, serta dapat merepair sistem kekebalan tubuh.

Manfaat buah manggis sebagai jus


Buah manggis selain di konsumsi secara langsung, juga dapat anda konsumsi dengan di buat jus. Dengan mengkonsumsinya sebagai olahan jus, maka akan memberikan manfaat mengurangi rasa nyeri. Hal ini sudah di rasakan oleh sebagian orang yang mencoba jus buah manggis.

Manfaat buah manggis lainnya


Selain hal di atas, buah manggis juga bermanfaat untuk kecantikan. Yakni untuk mencegah tumbuhnya jamur pada kulit sehingga menimbulkan panu. Untuk mengatasi hal ini, anda dapat memanfaatkan buah manggis bersama dengan air hangat. Caranya cukup mudah, yakni dengan mengeruk daging buah manggis dan di campurkan dengan air hangat, kemudian aduk hinga rata. Lalu, gunakan adonan air manggis tersebut untuk merendam bagian tubuh anda yang kena jamur tadi dengan kurun waktu 3-5 menit. Lakukan cara ini secara teratur.

Selain dagingnya, anda juga dapat melakukan perawatan kulit menggunakan komponen kulit manggis, caranya:
  • Keringkan kulit manggis.
  • Rebuslah kulit manggis kering tersebut dengan air bersih
  • Jika sudah tinggal setengah angkat kemudian konsumsi airnya selagi hangat.

Anda patut mencoba obat alami dari kulit manggis ini yang tanpa efek sambaing. Selamat mencoba.

Artikel lainnya:
5 Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
10 Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan
Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Tubuh
5 Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan Dan Kecantikan