6 Manfaat Buah Mengkudu yang Menakjubkan Bagi Kesehatan

Buah mengkudu adalah salah satu buah asli Asia Tenggara. Namun buah ini bukan sembarang buah yang dapat dikonsumsi layaknya buah-buahan lain yang mempunyai rasa yang manis atau asam. Namun manfaat buah mengkudu ini sering dijadikan alternatif obat alami berbagai penyakit. Buah ini memiliki aroma unik yang begitu tajam dan mungkin sebagian besar orang tidak menyukainya. Jadi perlu ekstra usaha untuk membuat buah tersebut layak dikonsumsi.

Namun tahukah Anda bahwa mengkudu memiliki begitu banyak manfaat? Sebaiknya Anda simak uraian berikut ini hingga tuntas untuk mengetahui berbagai kandungan dan manfaat buah mengkudu untuk kesehatan.

manfaat buah mengkudu

Kandungan Berbagai Zat Dalam Buah Mengkudu


Buah mengkudu memang kurang disukai karena aromanya. Namun Anda perlu tahu banyak kandungan zat baik yang ada dalam buah mengkudu berikut ini.

Lihat juga:
Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan dan Kecantikan
8 Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan Tubuh
6 Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan
7 Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan

Nutrisi


Buah mengkudu mempunyai banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. selain itu mengkudu mengandung banyak vitamin, mineral dan protein, serta selenium sebagai antioksidan.

Terpenoid


Terpenoid adalah salah satu kandungan dalam buah mengkudu yang dapat membantu proses sintetis organik sehingga manfaat buah mengkudu ini dapat membantu pemulihan sel-sel pada tubuh.

Zat anti bakteri


Zat antibakteri pada buah mengkudu seperti Escherivhia coli, Bacillus subtilis misalnya dapat membunuh bakteri penyebab infeksi dan juga memiliki fungsi sebagai pengontrol bakteri pathogen.

Zat anti kanker


Buah mengkudu mengandung zat anti kanker yang mampu menangkis berbagai sel abnormal dalam tubuh.

Manfaat Buah Mengkudu bagi Kesehatan Tubuh


Setelah mengetahui berbagai kandungan dalam buah mengkudu tentu akan banyak manfaat buah mengkudu yang sangat efektif untuk mengatasi berbagai penyakit. Simak uraiannya berikut ini.

1. Menjaga sistem kekebalan tubuh


Manfaat buah mengkudu bagi tubuh sebagai peningkat sistem kekebalan tubuh yang baik. Sebab adanya keseimbangan kandungan vitamin, mineral, enzim serta asam amino dalam mengkudu yang mampu menjaga tubuh dari pengaruh radikal bebas.

2. Sebagai anti peradangan


Sari buah mengkudu dapat Anda konsumsi untuk dimanfaatkan untuk mencegah peradangan.

Sebagai pereda rasa nyeri

Manfaat buah mengkudu yang sudah banyak diketahui adalah sebagai pereda rasa nyeri termasuk sakit kepala. Bahkan sejak dahulu banyak orang yang memanfaatkan daun mengkudu sebagai obat nyeri sendi. Hal ini disebabkan adanya kandungan analgesik sebesar 75% yang tepat guna sebagai morfin sulfat untuk meredakan nyeri pada persendian.

3. Menormalkan tekanan darah tinggi


Adanya zat fitonutrien scopoletin dalam buah mengkudu akan dapat membantu memperlebar pembuluh darah sehingga kerja jantung menjadi normal, sirkulasi darah lancar, dan menormalkan tekanan darah. Sehingga manfaat buah mengkudu ini dijadikan obat alternatif hipertensi yang ampuh. Cara membuat ramuan alami buah mengkudu ini adalah dengan memilih dua buah mengkudu masak, kemudian peras dan ambil airnya. Campurkan air perasan mengkudu dengan satu sendok madu. Saring campuran bahan tersebut dan minum secara rutin dua hari sekali.

4. Melancarkan pencernaan


Manfaat buah mengkudu lainnya, jika mengonsumsi buah mengkudu secara rutin maka pencernaan Anda akan terjaga. Bahkan dipercaya dapat mengatasi sakit perut seperti kembung, luka pada usus, serta peradangan lambung. Anda dapat membuat ramuan mengkudu dari 3 lembar daun mengkudu yang ditumbuk halus, kemudian diberi sedikit garam dan diseduh dengan air panas. Setelah ramuan tersebut dingin, Anda dapat menyaringnya dan kemudian meminumnya.

5. Sebagai pencegah kanker


Manfaat buah mengkudu yang menjadi salah satu alternatif pengobatan kanker dan tumor. Sebab dalam buah mengkudu terdapat senyawa yang menjaga DNA tidak rusak dan menghambat perkembangan sel kanker sehingga sel sehat dalam tubuh terlindungi.

6. Mengatasi kulit bersisik


Buah mengkudu yang sudah masak di pohon juga mempunyai manfaat untuk mengatasi kulit bersisik. Anda dapat menjadikan bahan alami buah mengkudu tersebut dengan cara menggosokkan buah mengkudu pada bagian kulit yang bersisik. Kemudian diamkan selama 10 menit. Setelah itu bersihkan menggunakan lap bersih yang telah dibasahi air hangat.

Dari berbagai manfaat dan kandungan dalam buah mengkudu di atas dapat menambah informasi bagi Anda. Sehingga manfaat buah mengkudu tersebut dapat dijadikan obat alami untuk mengatasi berbagai penyakit. semoga informasi seputar manfaat buah mengkudu ini bermanfaat dan menambah wawasan kita.

Artikel lainnya:
5 Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan
10 Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan
7 Manfaat Kacang Kedelai Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
7 Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan Tubuh