Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami Tanpa Efek Samping

Siapa yang tidak menginginkan tubuh sehat dan ideal? Semua orang pasti menginginkan hal tersebut. Namun pada kenyataannya memang ada beberapa orang yang memiliki tubuh gemuk dan berupaya mencari cara menurunkan berat badan secara alami. Sebab diet cara alami dan juga melakukan cara-cara sederhana akan lebih aman bagi Anda yang menginginkan tubuh ideal.


Penyebab Umum Badan Menjadi Gemuk


cara menurunkan berat badan secara alami
Sebelum melaju kepada cara menurunkan berat badan secara alami, perlu Anda ketahui beberapa faktor penyebab tubuh Anda menjadi gemuk. Berikut ini ada beberapa faktor yang perlu Anda simak.

Lihat juga:
20 Makanan Penambah Berat Badan Dengan Cepat Dan Ampuh
20 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami Cepat
19 Penyebab Berat Badan Naik Yang Tak Terduga
10 Tips Cara Menambah Berat Badan Dalam Waktu Singkat

1. Kesalahan persepsi atas makan dan terlambat makan


Kesalahan persepsi akan makanan ini terjadi saat orang berpikir bahwa orang bertubuh gemuk adalah orang yang suka makan. Hilangkan persepsi demikian. Sebab orang gemuk justru bisa disebabkan oleh faktor kurang atau jarang makan. Pada akhirnya kesalahan ini membuat orang merasa untuk mengurangi jadwal makan mereka, dari umumnya tiga kali menjadi sekali atau dua kali saja. Namun ketika makan, justru porsi makan mereka meningkat dua kali lipat dari biasanya. Hal inilah sebenarnya yang dapat memicu tubuh menjadi gemuk. Maka harus dihindari.

2. Stres serta konsumsi obat anti depresi


Ketika Anda dalam keadaan stres maka akan memicu diri untuk mengonsumsi obat-obatan anti depresi. Obat-obatan ini dapat memicu tubuh menjadi gemuk. Selain itu, keadaan stres akan membuat hormon kortisol dalam tubuh meningkat sehingga akan membawa dampak pada tubuh. Sehingga kontrol untuk makan menjadi tidak stabil, berat badan akhirnya menjadi meningkat akibat timbunan lemak.

3. Faktor genetik


Memiliki tubuh gemuk bisa jadi dipengaruhi oleh faktor genetik. Bila dalam silsilah keluarga Anda memiliki tubuh yang gemuk maka Anda juga akan mengalami hal yang tidak jauh berbeda dengan anggota keluarga lainnya. Sehingga mengatur pola hidup yang benar adalah salah satu tips terbaik mencegah terjadinya berat badan yang berlebih.

Mengawali Dengan Pola Hidup Sehat


Menurunkan berat badan sebenarnya mudah dan sederhana, hanya memerlukan niat dan usaha keras dari diri Anda untuk melakukan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Cara menurunkan berat badan secara alami dapat Anda mulai dari tiga hal sederhana ini.

1. Jangan biasakan makan di atas jam 9 malam


Ketika malam hari tubuh Anda tidak akan melakukan aktivitas berat sehingga hindari makan di atas jam 9. Usahakan makan di bawah jam tersebut. Kebanyakan tubuh gemuk terjadi karena penumpukan lemak, di mana orang seusai makan langsung pergi tidur. Sehingga makanan tersebut tidak dapat diolah dengan baik oleh tubuh dan tertimbun menjadi lemak.

2. Melakukan olahraga secara rutin


Melakukan olahraga secara rutin dapat membantu Anda menurunkan berat badan selain itu juga akan mengecilkan perut buncit Anda. Olahraga sederhana yang dapat Anda lakukan adalah bersepeda, berenang, atau jogging. Ketiga olahraga ini dapat dilakukan secara rutin.

3. Istirahat yang cukup


Istirahat di sini adalah tidur yang cukup. Tubuh juga memerlukan istirahat yang cukup untuk membuat produksi hormon menjadi seimbang dan stabil. Untuk takaran tidur sehari adalah 8 jam. Tidur yang cukup akan membuat pola makan Anda terkontrol, tubuh Anda menjadi bugar, serta terhindar dari stres setelah aktivitas selama seharian.

Mengonsumsi Makanan Sehat Dalam Kehidupan Sehari-Hari


Tujuan menurunkan berat badan tidak hanya sebatas mendapatkan tubuh langsing namun juga badan yang sehat. Sebab berat badan berlebih akan mengakibatkan munculnya berbagai macam penyakit kronnis seperti jantung, diabetes, hipertensi,dan penyakit berbahaya lainnya. Cara menurunkan berat badan secara alami juga dapat dilakukan dengan konsumsi makanan sehat secara benar. Berikut ini beberapa jenis asupan makanan yang dapat membantu menurunkan berat badan.

1. Menghindari makanan berlemak tinggi


Makanan berlemak ini akan membuat timbunan dalam tubuh Anda, pada akhirnya tubuh Anda akan mengalami kegemukan bahkan obesitas. Makanan berlemak antara lain seperti jajanan gorengan, keripik, fast food, es krim, soft drink, dsb.

2. Memperbanyak asupan protein dan tinggi serat


Kandungan serat yang tinggi akan membuat metabolisme menjadi lancar dan perasaan kenyang lebih lama. Selain itu, kandungan protein akan membantu tubuh Anda untuk menurunkan kadar lemak dalam darah. makanan kaya serat ini bisa Anda dapatkan dari buah-buahan seperti apel, pir, alpukat, serta pisang.

3. Memperbanyak minum air putih


Meminum air putih sebanyak 8 gelas atau 2 liter per hari akan membuat proses metabolisme tubuh menjadi lancar. Selain itu, Anda dapat minum air putih terlebih dahulu sebelum makan. Minum air putih akan membuat tubuh terhidrasi dan memberikan rasa kenyang lebih lama.

Cara menurunkan berat badan secara alami memang memerlukan proses, asalkan Anda benar-benar berniat dan melakukan cara-cara di atas secara benar. Maka tubuh Anda pun akan kembali ideal. Jangan pernah mencoba cara singkat untuk menurunkan berat badan apalagi dengan memanfaatkan obat-obatan.

Artikel lainnya:
Cara Menurunkan Berat Badan Dalam 1 Minggu
Cara Menggemukkan Badan Secara Alami Dalam Seminggu
4 Obat Pelangsing Herbal Yang Aman
10 Cara Mengecilkan Perut Buncit Cepat Dan Alami