0
Tipscaraalami.com6 Hal Yang Tak Terduga Menaikkan Berat Badan - Tidak hanya wanita saja yang takut akan berat badannya naik, tapi para pria juga mewaspadai akan naiknya berat badan mereka. Jadi bila Anda sedang melaksanakan program diet akan sia-sia saja bila Anda tidak mengetahui hal-hal yang tak terduga ini.

penyebab dan alasan berat badan naik
(c) Pixabay.com/PublicDomainPictures
Dengan naiknya berat badan, tubuh Anda sedikit demi sedikit akan gemuk. Kegemukan itu sendiri bisa berdampak pada gangguan kesehatan dan Anda kemungkinan akan banyak mengidap berbagai penyakit, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes, jantung, dan lainnya.

Menghindar makan makanan berlemak dan makanan berkolesterol tinggi ternyata bukan jaminan Anda akan terhindar dari bertambahnya berat badan. Karena banyak sekali faktor-faktor lain yang membuat berat badan Anda naik.

Seperti dilansir dari Magforwomen.com, inilah 6 hal yang tak terduga bisa menambahkan berat badan Anda.

Yang Menyebabkan Berat Badan Bertambah

1. Masih mengkonsumsi makanan cepat saji
Hal pertama sekali yang membuat berat badan naik adalah Anda masih tidak bisa meninggalkan kebiasaan makan makanan cepat saji. Makanan cepat saji adalah penyebab paling utama penumpukan lemak dan akan membentuk lemak dengan cepat pula. Hal itu terjadi karena makanan cepat saji mengandung banyak kalori, lemak, dan sodium.

Mulai sekarang Anda harus berhenti makan makanan cepat saji dan beralih lah ke makanan yang lebih sehat dan alami, seperti makan buah dan sayuran.

2. Stres
Banyak yang mengeluh susah menurunkan berat badan, padahal rutin melakukan olahraga tapi berat badan tak kunjung turun, malah semakin naik. Padahal masalah tersebut bisa saja terjadi karena stres dan beban pikiran Anda.

Sudah banyak yang melakukan penelitian mengungkapkan bahwa beban pikiran dan stress adalah penyebab berat badan naik. Jika Anda sering mengalami stres belakangan ini dan mulai terlihat gemuk, berarti itulah penyebabnya. Stres menyebabkan bertambahnya produksi hormon yang berkaitan dengan penimbunan lemak pada perut. Sehingga semakin sering stres, semakin banyak lemak yang tertimbun dalam perut Anda.

Sering mengalami stress dan tidak bisa mengontrol apa yang Anda konsumsi bisa membuat sistem pencernaan Anda terganggu. Maka dari itu, Anda harus menjaga dan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan Anda.

3. Tidak cukup tidur
Sering begadang dan kurang tidur ternyata juga memicu naiknya berat badan. Kurang tidur akan membuat seseorang mudah lapar dan akan makan makanan lebih banyak dari biasanya. Berdasarkan beberapa penelitian, kurang tidur bisa mempengaruhi kesehatan, salah satunya adalah mengganggu proses metabolisme. 

Metabolisme yang terganggu bisa menyebabkan lebih banyak lemak yang tertimbun sehingga membuat seseorang cepat gemuk. Jadi tidurlah secukupnya dan teratur tiap malamnya.

4. Pengaruh dari obat-obatan
Beberapa obat yang digunakan untuk mengatasi depresi, migrain, diabetes, dan tekanan darah bisa menyebabkan penambahan berat badan hingga 10 pon per bulan. Bahkan terapi hormon dan steroid juga bisa menyebabkan berat badan naik. Jika berat badan Anda tetap bertambah meski Anda sudah menerapkan gaya hidup sehat dan mengontrol makanan, sebaiknya perhatikan obat yang Anda konsumsi.

5. Kondisi kesehatan
Beberapa kondisi kesehatan seperti hypothyroidism bisa menyebabkan penambahan berat badan yang cepat dan drastis. Jika Anda mengalami penambahan berat badan yang disertai dengan beberapa gejala seperti pembengkakan, merasa lelah, dan sakit kepala, bisa jadi itu pertanda hypothyroidism.

6. Menopause
Kebanyakan wanita akan mengalami penambahan berat badan di usia 40 tahun karena mendekati masa menopause. Menopause memicu perubahan hormon yang berdampak pada depresi, kurang tidur, dan rasa lapar sehingga menyebabkan kenaikan berat badan.

Itulah 6 hal yang tak terduga dapat membuat berat badan malah naik. Sebaiknya perhatikan ke enam hal di atas bila sudah melakukan berbagai program diet dan berat badan semakin naik. Demikian, semoga bermanfaat!
loading...
loading...
 
Top