19 Penyebab Berat Badan Naik Yang Tak Terduga

Penyebab Berat Badan Naik - Tidak hanya wanita saja yang takut akan berat badannya naik, tapi para pria juga mewaspadai akan naiknya berat badan mereka. Jadi bila Anda sedang melaksanakan program diet akan sia-sia saja bila Anda tidak mengetahui hal-hal yang tak terduga ini.

Dengan naiknya berat badan, tubuh Anda sedikit demi sedikit akan gemuk. Kegemukan itu sendiri bisa berdampak pada gangguan kesehatan dan Anda kemungkinan akan banyak mengidap berbagai penyakit, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes, jantung, dan lainnya.

Nah patut diketahui juga, penyebab berat badan naik sudah tentu karena jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh saat sedang melakukan aktivitas sangat sedikit dibanding dengan jumlah kalori yang Anda makan tiap hari.


Penyebab Berat Badan Naik

Selain itu menghindar makan makanan berlemak dan makanan berkolesterol tinggi ternyata bukan jaminan Anda akan terhindar dari bertambahnya berat badan. Karena banyak sekali faktor-faktor lain yang membuat berat badan Anda naik.

Apa sajakah faktor lainnya yang merupakan penyebab berat badan naik yang tak terduga itu? Berikut penyebab berat badan naik:

Penyebab Berat Badan Naik


1. Masih mengkonsumsi makanan cepat saji


Hal pertama sekali yang membuat berat badan naik adalah Anda masih tidak bisa meninggalkan kebiasaan makan makanan cepat saji. Makanan cepat saji adalah penyebab paling utama penumpukan lemak dan akan membentuk lemak dengan cepat pula. Hal itu terjadi karena makanan cepat saji mengandung banyak kalori, lemak, dan sodium.

Mulai sekarang Anda harus berhenti makan makanan cepat saji dan beralih lah ke makanan yang lebih sehat dan alami, seperti makan buah dan sayuran.

Lihat juga:
Manfaat susu kambing etawa bagi kesehatan
Manfaat lari pagi bagi kesehatan tubuh
Cara menghilangkan bau mulut secara alami
Penyebab bau mulut

2. Stres


Banyak yang mengeluh susah menurunkan berat badan, padahal rutin melakukan olahraga tapi berat badan tak kunjung turun, malah semakin naik. Padahal masalah tersebut bisa saja terjadi karena stres dan beban pikiran Anda.

Sudah banyak yang melakukan penelitian mengungkapkan bahwa beban pikiran dan stress adalah penyebab berat badan naik. Jika Anda sering mengalami stres belakangan ini dan mulai terlihat gemuk, berarti itulah penyebabnya. Stres menyebabkan bertambahnya produksi hormon yang berkaitan dengan penimbunan lemak pada perut. Sehingga semakin sering stres, semakin banyak lemak yang tertimbun dalam perut Anda.

Sering mengalami stress dan tidak bisa mengontrol apa yang Anda konsumsi bisa membuat sistem pencernaan Anda terganggu. Maka dari itu, Anda harus menjaga dan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan Anda.

3. Tidak cukup tidur


Sering begadang dan kurang tidur ternyata juga memicu naiknya berat badan. Kurang tidur akan membuat seseorang mudah lapar dan akan makan makanan lebih banyak dari biasanya. Berdasarkan beberapa penelitian, kurang tidur bisa mempengaruhi kesehatan, salah satunya adalah mengganggu proses metabolisme.

Metabolisme yang terganggu bisa menyebabkan lebih banyak lemak yang tertimbun sehingga membuat seseorang cepat gemuk. Jadi tidurlah secukupnya dan teratur tiap malamnya.

4. Pengaruh dari obat-obatan


Beberapa obat yang digunakan untuk mengatasi depresi, migrain, diabetes, dan tekanan darah bisa menyebabkan penambahan berat badan hingga 10 pon per bulan. Bahkan terapi hormon dan steroid juga bisa menyebabkan berat badan naik. Jika berat badan Anda tetap bertambah meski Anda sudah menerapkan gaya hidup sehat dan mengontrol makanan, sebaiknya perhatikan obat yang Anda konsumsi.

5. Kondisi kesehatan


Beberapa kondisi kesehatan seperti hypothyroidism bisa menyebabkan penambahan berat badan yang cepat dan drastis. Jika Anda mengalami penambahan berat badan yang disertai dengan beberapa gejala seperti pembengkakan, merasa lelah, dan sakit kepala, bisa jadi itu pertanda hypothyroidism.

6. Menopause


Kebanyakan wanita akan mengalami penambahan berat badan di usia 40 tahun karena mendekati masa menopause. Menopause memicu perubahan hormon yang berdampak pada depresi, kurang tidur, dan rasa lapar sehingga menyebabkan kenaikan berat badan.

Lihat juga:
Cara menurunkan berat badan secara alami
Cara menghilangkan bau ketiak secara alami
Manfaat susu kambing untuk kesehatan
Manfaat air putih bagi tubuh

7. Penyakit


Sejumlah penyakit tertentu ternyata dapat membuat tubuh Anda bertambah gendut. Dan penyakit tersebut adalah Hipotiroidisme, Sindrom Cushing, dan Sindrom Ovarium Polikistik (SOPK. Apakah Anda mengidap penyakit tersebut? Silahkan periksa ke dokter bila berat badan sulit turun.

8. Banyak duduk


Banyak duduk ternyata juga menyebabkan berat badan cepat naik. Apalagi zaman sekarang ini semakin maju, berbagai macam teknologi canggih sekarang sangat mudah didapatkan dengan harga yang murah. Hal ini akan membuat orang jadi malas, dan banyak menghabiskan waktu mereka untuk menikmati teknologi tersebut sambil duduk malas-malasan.


9. Faktor genetik


Faktor genetik ikut juga mempengaruhi sel tubuh dan membuat berat badan naik. Bila anggota keluarga Anda ada yang memiliki tubuh gemuk dan sulit turun, kemungkinan besar hal tersebut yang membuat Anda sulit menurunkan berat badan

10. Manis buatan


Seperti yang terdapat pada poin no 1, mengkonsumsi makanan cepat saji atau minuman yang tidak sehat merupakan pemicu berat badan cepat naik dan sulit turun. Karena makanan dan minuman olahan tersebut sudah pasti menggunakan pemanis buatan.

11. Asin


Anda suka makan makanan yang asin-asin atau cuma ngemil buah dengan garam? Mulai sekarang kurangi mengkonsumsi yang asin-asin. Karena sering mengkonsumsi makanan asin ternyata dapat membuat berat badan naik secara tiba-tiba.

12. Depresi


Sama juga dengan stress. Depresi ternyata membuat berat badan seseorang itu bisa bertambah dengan drastis. Saat cemas dan depresi nafsu makan terutama wanita akan bertambah banyak. Jadi lebih sering-sering berhibur diri ya agar tidak sress, dan sering-sering bercanda sama kawan-kawan juga.

13. Usia


Faktor usia sudah pasti menyebabkan seseorang itu mengalami kenaikan berat badan karena menurunnya jumlah hormon estrogen atau hormon wanita. Jadi solusinya Anda harus rajin berolahraga dan banyak makan makanan sehat ketika umur sudah 40 tahun keatas.

14. Karbohidrat


Terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat juga bisa menaikkan berat badan dengan tiba-tiba. Jadi jangan terlalu banyak mengkonsumsi nasi, makanlah nasi secukupnya dan jangan terlalu kenyang. Supaya perut cepat kenyang, kombinasikan juga nasi dengan makanan sehat lainnya, seperti buah dan sayuran.

15. Kelaparan


Tidak banyak yang tau bahwa kelaparan atau membiarkan tubuh lapar ternyata bisa menaikkan berat badan. Jadi waktu makan Anda akan makan banyak dan makan makanan apa saja yang ada disekitar. Jadi jangan tunggu perut berbunyi dulu baru makan. Makan tidak harus perut dalam keadaan lapar.

16. Tidak sarapan


Saat bangun telat membuat orang akan terburu-buru untuk melakukan rutinitasnya, jadi membuat banyak orang melupakan sarapan. Ternyata tak sarapan itu tidak hanya buruk bagi kesehatan tubuh Anda, tetapi dapat membuat berat badan naik. Jadi jangan lupa untuk sarapan walaupun hanya sedikit saja.


17. Porsi makanan


Saat makan jangan lupa untuk mengatur porsi makanan yang Anda makan karena bila Anda makannya kurang dikontrol justru akan membuat berat badan bertambah naik.


18. Makanan berlabel sehat


Anda harus waspada, banyak makanan kemasan yang berlabel sehat justru tidak sehat dan malah bisa menjadi penyebab berat badan naik.


19. Masalah pencernaan


Apakah Anda sering tidak lancar BAB? Bila iya hal tersebut bisa memicu berat badan Anda sulit turun dan malah semakin bertambah. Supaya BAB lancar jangan lupa banyak makan makanan berserat tinggi dan banyak minum air putih.

Lihat juga:

Obat pelangsing herbal yang aman
Cara menurunkan berat badan dalam 1 minggu
Cara mengecilkan perut buncit dengan cepat
Makanan penambah berat badan alami

Itulah 19 hal yang tak terduga dapat membuat berat badan malah naik. Sebaiknya perhatikan ke 19 hal di atas bila sudah melakukan berbagai program diet dan berat badan semakin naik. Demikian, semoga bermanfaat!