Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kanan Kiri Dan Belakang

Penyebab sakit kepala bisa beragam. Sakit kepala atau pusing merupakan gangguan yang menyerang area kepala yang bisa terjadi akibat beberapa sebab. Sakit kepala yang terjadi dalam kurun waktu lama perlu di waspadai sebab mungkin bisa saja mengakibatkan sakit kepala serius yang memerlukan penanganan serius. Sakit kepala bisa berakibat karena faktor ringan sampai berat. Sebaiknya periksalah ke dokter jika mengalami sakit kepala berat yang lama tidak kunjung reda setelah diberi obat.

Penyebab sakit kepala

Sakit kepala ada yang tergolong ringan dan bisa disembuhkan hanya dengan memberikan obat dan istirahat cukup. Sakit kepala ringan biasanya ditandai oleh pusing di sekitar kepala yang umumnya diakibatkan karena rutinitas padat, dan kelelahan. Sedangkan sakit kepala berat harus dicari tahu apa penyebab seriusnya agar dapat dengan mudah mengetahui solusi pengobatannya. Sakit kepala berat bahkan bisa mengakibatkan mual dan sampai pingsan. Bila perlu periksakan sakit kepala berat tersebut ke rumah sakit. Ketahuilah beberapa penyebab sakit kepala baik sakit kepala berat maupun sakit kepala ringan. Penyebab lain sakit kepala yaitu karena pengaruh makanan atau minuman tertentu hingga pengaruh hormon terutama pada wanita.

Ada dua jenis golongan sakit kepala yaitu primer dan sekunder


Penyebab sakit kepala tipe primer


Diantaranya sakit kepala tension, sakit kepala sebelah atau migran dan sakit kepala klaser. Sedangkan sakit kepala tipe sekunder yang diakibatkan penyakit lain yaitu sinusitis, flu, infeksi telinga, masalah gigi, pengaruh konsumsi MSG berlebih, perubahan hormon atau gangguan penglihatan seperti glaukoma. Diantara dua tipe sakit kepala, berikut pembahasan seputar penyebab yang ditimbulkan oleh sakit kepala primer.

Lihat juga:
20 Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami Terbukti Manjur
10 Ciri Ciri Dan Gejala Awal Usus Buntu
28 Ciri Ciri Kanker Serviks Dan Gejala Yang Patut Anda Waspadai
5 Obat Luka Bakar Alami Menyembuhkan Secara Tradisional

Sakit kepala Tensio atau sakit kepala tegang


Adalah jenis sakit kepala yang paling banyak diderita orang. Gejala atau ciri-ciri sakit kepala ini yaitu berupa rasa sakit ringan atau sedang pada leher, kepala, dan belakang mata. Penderita yang mengalami sakit kepala jenis tension biasanya merasakan sakit kepala seperti ada tali yang mengikat kencang pada area kepala. Sakit kepala tension disebabkan adanya kontraksi otot di area kepala dan leher.

Penyebab lain sakit kepala


Penyebab lain seperti makanan, aktivitas fisik, dan sensor tertentu akan mengakibatkan kontraksi ini. Akibat lain diakibatkan karena posisi tubuh yang diam terlalu lama seperti seseorang terlalu lama menatap layar komputer berjam-jam atau sedang mengemudi dalam waktu lama maka akan mengakibatkan sakit kepala tension. Adapun faktor lain penyebab munculnya sakit kepala tension adalah alkohol, kelelahan, merokok, mata tegang, flu, infeksi sinus, kafein, postur tubuh yang buruk, dan stess.

Sakit kepala sebelah atau migran mengakibatkan kepala terasa berdenyut-denyut di salah satu sisi kepala. Pengidap migran umumnya merasakan sakit kepala yang hebat di depat atau kepala bagian samping. Migran biasanya banyak menyerang wanita dewasa dengan peluang 3 kali lebh besar dibanding pria. Migran biasanya datang secara tiba-tiba dan menyiksa dan penderita dapat merasa mual dan muntah. Penderita migran sangat sensitif terhadap cahaya, suara atau wewangian. Migran bahkan bisa bersifat kronis dan serangannya dapat muncul berkali-kali.

Migran bisa muncul bersama penyakit lain seerti asma juga depresi, atau penyakit berat seperti tumor atau infeksi namun kejadian ini sangat jarang. Masih belum diketahui jelas apa penyebab migran yang sesungguhnya, namun penyebab migran kemungkinan besar diakibatkan oleh sistem saraf pusat yang terganggu. Sedangkan pemicu migran sebagian besar diakibatkan karena stess emosional, makanan (yang mengandung aklohol, MSG, kafein dan aspartame), menghirup asap rokok, kelaparan atau dehidrasi, perubahan cuaca, pola tidur, suara bising, bau yang kuat atau menyengat, dan perubahan hormon pada wanita.

Sakit kepala Cluster memiliki gejala umum seperti rasa sakit di kepala yang luar biasa disertai sakit di area mata, sakit pada satu sisi, kegelisahan, keluar air mata secara berlebih, keluarnya lender pada lubang hidung, berkeringat, ukuran pupil mata mengecil, dan kelopak mata layu. Sakit kepalan ini bisa menyebar ke bagian lain pada wajah, leher, dan bahu serta munculnya kemerahan pada mata.

Sakit kepala cluster disebabkan oleh dilatasi atau pelebaran pembuluh darah yang memasok darah ke otak dan wajah. Sehingga mengakibatkan tekanan pada saraf trigeminal. Faktor penyebab lain seperti hormon yang tidak normal, dan neurotransmitter. Fakto pemicu biasanya dialami lebih banyak oleh laki-laki, orang dewasa, perokok, alcohol, dan riwayat keluarga.

Penyebab sakit kepala primer memang bervariasi sedangkan sakit kepala sekunder yang jarang terjadi disebabkan karena penyumbatan pembuluh darah ke otak, radang otak, gegar otak, neuralgiatrigeminal, aneurisma otak, keracunan CO2, dan meningitis. Jadi, penyebab sakit kepala memang bervariasi. Tetapi yang terpenting adalah mengetahui terlebih dahulu gejala dan jenis-jenis penyakit kepala agar kita dapat mengetahu apa saja yang menyebabkan munculkan sakit kepala. Jika perlu lebih baik konsultasikan pada dokter ahli agar sakit kepala dapat segera diketahui dan diberikan obat secara tepat.

Artikel lainnya:
7 Manfaat Sayur Kangkung Bagi Kesehatan Tubuh
10 Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan Tubuh
20 Manfaat Pisang Bagi Kesehatan
Gejala Diabetes Tipe 1 Dan 2 Serta Penyebab Dan Cara Mengobati