5 Manfaat Daun Kelor Yang Wajib Anda Ketahui Untuk Kesehatan

Kelor atau yang disebut juga sebagai Moringa aloefera merupakan tumbuhan dari jenis suku Moringaceae. Daun tumbuhan ini berbentuk bulat lonjong dan tersusun rapi pada batangnya. Daun kelor memiliki warna hijau tua yang pucat. Di masyarakat, manfaat daun kelor dikenal sebagai obat gatal dan juga sebagai salah satu daun yang ditambahkan pada air untuk memandikan jenazah (bagi sebagian umat muslim).

manfaat daun kelor
Namun ternyata, manfaat daun kelor tidaklah sebatas hanya itu, daun kelor memiliki manfaat yang sangat menakjubkan bagi kesehatan. Daun yang sering dikaitkan dengan pribahasa “dunia tak selebar daun kelor” karena ukurannya yang kecil dibanding daun lainnya ini ternyata memiliki manfaat yang sangat besar. Ingin tahu apa saja manfaat daun kelor tersebut? Ini dia penjelasannya.

Manfaat daun kelor untuk kesehatan


1. Menyehatkan kulit


Jika tahu manfaat daun kelor yang satu ini, dijamin anda (terutama kaum wanita) akan menggandrungi daun kelor. Dedaunan yang terasa segar dijadikan isian sayur asem ini ternyata mengandung vitamin c dan juga antioksidan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Mengkonsumsi daun kelor setiap hari dipercaya mampu menghaluskan kulit dan mencegah timbulnya jerawat.

Lihat juga:
Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa
4 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan
14 Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan
Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan Tubuh

Tak hanya dijadikan sayuran, daun kelor juga dapat dijadikan sebagai masker alami. Caranya, tumbuk daun kelor dan gunakan pada wajah yang telah dibersihkan. Manfaat daun kelor jika dijadikan masker adalah, mencerahkan, menghaluskan, mencegah serta mengobati jerawat.

2. Mengatasi diabetes


Penyakit diabetes adalah penyakit yang timbul akibat kurangnya insulin dalam tubuh sehingga gula dalam darah menumpuk. Terkait dengan penyakit gula darah ini, daun kelor dapat berperan sebagai insulin alami. Karenanya, menkonsumsi daun kelor dapat menurunkan kadar gula darah sekaligus sebagai langkah pencegahan diabetes.

3. Menyehatkan mata


Tak hanya mengandung vitamin C yang baik untuk kulit, daun kelor juga mengandung vitamin A yang memiliki efek menyehatkan bagi mata. Mengonsumsi daun kelor secara rutin dapat menjadikan mata selalu sehat dan terlihat jernih.

Yang paling mengejutkan lagi, daun kelor dapat dijadikan sebagi obat sakit mata. Cara mengambil manfaat daun kelor sebagi obat sakir mata adalah, mencuci bersih daun kelor lalu merebusnya hingga mendidih lalu biarkan dingin. Air rebusan inilah yang dapat anda gunakan untuk membasuh mata yang sedang sakit. Lakukan secara rutin hingga mata sembuh.

4. Mencegah kanker


Sebagian besar orang mungkin tak tahu, bahwa manfaat daun kelor tak dapat disepelekan. Daun kelor mengandung potasium serta antioksidan yang dapat berperan aktif melawan sel kanker.

5. Mengobati rematik


Daun kelor dapat dimanfaatkan sebagai obat rematik. Daun kelor secara continue mamp meredakan nyeri sendi serta mengurangi penumpukan asam urat dalam sendi, sehingga lambat laun rematik akan sembuh.

Jika nyeri rematik terasa amat sangat, anda juga bisa mengambil manfaat daun kelor sebagai param. Caranya, ambil dua ganggang daun kelor, tumbuk halus dan campurkan dengan dua sendok kapur sirih. Balurkan param ini pada bagian yang sakit tanpa dipijat.

Kelebihan kandungan daun kelor


Daun kelor memiliki kandungan yang sangat baik dan memiliki konsentrasi lebih tinggi dibanding dengan zat baik yang terkandung dalam makanan lainnya. bahkan, Organisasi kesehatan dunia WHO sangat menganjurkan konsumsi daun kelor bagi anak anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Pencetusan saran ini tak berlebihan, mengingat selain manfaat daun kelor yang sangat besar penelitian juga membuktikan bahwa daun kelor memiliki kandungan sebagai berikut :

1. Daun kelor mengandung Potasium Tiga kali lipat dari pada pisang.
2. Kalsium Empat kali lipat lebih banyak daripada susu.
3. Vitamin C Tujuh kali lipat daripada jeruk.
4. Dua kali lipat protein dari pada susu.

Efek mengkonsumsi daun kelor


Daun kelor memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik dan hampir dapat dipastikan bahwa tak ada efek samping mengkonsumsi daun kelor dalam jangka waktu yang panjang sekalipun. Alih alih memiliki efek samping saat dikonsumsi, daun kelor justru mengandung alkaloida yang dapat membantu proses pencernaan. Karena manfaat daun kelor yang tanpa efek samping inilah, daun kelor sering dijadikan sebagai bahan tambahan pada obat herbal.

Artikel lainnya:
5 Manfaat Daun Sirih Bagi Tubuh Manusia
6 Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan
5 Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan Manusia
Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan Dan Kecantikan