Manfaat Daun Binahong Dalam Kehidupan Manusia

Memiliki nama latin Bassela Rubra Linn atau yang biasa disebut dengan tanaman binahong memiliki berbagai khasiat dalam bidang pengobatan herbal serta kecantikan. Tanaman yang tumbuh di dataran rendah maupun tinggi ini berasal dari daerah Korea yang mana manfaat daun binahong ini sendiri telah digunakan untuk mengobati penyakit ringan maupun berat.

Secara umum, tanaman binahong dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu jenis Bassela Alba yang memiliki daun gelap serta Bassela Rubr dengan batang dan tulang daun berwarna merah. Dari dua jenis tanaman ini, setiap orang mendapatkan kesempatan untuk mengambil manfaat daun binahong dalam menghadapi permasalahan kesehatan yang ada. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika sejak zaman dahulu orang-orang Tiongkok, Korea maupun Taiwan telah mengenal manfaat daun binahong sebagai pengobatan tradisional.

manfaat daun binahong

Macam-macam Manfaat Daun Binahong


Secara umum, tanaman binahong telah dikenal sebagai tanaman yang dapat mengobati luka. Beberapa orang akan merasakan manfaat daun binahong ketika mereka mendapatkan luka pada tubuh mereka. Tanaman yang yang dikenal oleh orang China dengan sebutan Deng San Chi ini mengandung antimikroba yang dapat mencegah terjadinya infeksi pada luka. Untuk mendapatkan manfaat daun binahong sebagai penyembuh luka, maka dapat dilakukan dengan menempelkan tumbukan daun binahong pada luka.

Lihat juga:
6 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan
Manfaat Daun Sirih yang Luar Biasa dari Indonesia
Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
5 Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan Manusia

Dengan memperhatikan manfaat daun binahong, maka seseorang yang menderita luka dapat melakukan pengobatan semacam ini dengan maksud untuk meminimalisir bekas luka yang ditimbulkan ketika luka tersebut mengering. Selain mengandung antimikroba, daun binahong juga mengandung asam oleanolic yang mencegah peradangan ataupun inflamasi akibat luka bakar. Dengan adanya kandungan manfaat daun binahong yang ada, maka seseorang yang mengalami masalah berkaitan dengan luka pada permukaan tubuh dapat memanfaatkan daun binahong sebagai obat tradisional.

Selain berfungsi untuk menyembuhkan luka, manfaat daun binahong juga dapat diperoleh untuk pengobatan penyakit maag. Pada kasus penderita maag, daun binahong yang memiliki kandungan etanol maupun antibakteri serta protein yang tinggi ini mampu menutup luka yang disebabkan karena peradangan pada penderita maag. Di sisi lain, manfaat daun binahong dalam pengobatan penyakit maag dapat berfungsi untuk mengurangi produksi asam lambung yang berlebih sehingga asam lambung kembali normal.

Untuk menangani penderita maag, keberadaan manfaat daun binahong dapat dimaksimalkan dengan merebus daun binahong tersebut dengan tambahan gula ataupun madu yang kemudian mengkonsumsi air rebusan daun binahong tersebut. Dengan melakukan upaya semacam ini, diharapkan manfaat daun binahong sebagai obat maag dapat menjadi alternatif pengobatan lain selain mengkonsumsi obat-obatan kimia.

Dalam aspek kecantikan, manfaat daun binahong juga dapat dirasakan sebagai bahan yang mampu menahan radikal bebas. Kandungan antioksidan yang terdapat pada daun binahong sangat efektif untuk melindungi kulit dari penuaan dini. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Muhammad Da’i Msi Apt dan Devi Ristiani Oktavia yang berasal dari Universitas Muhammadiyah Surakarta mengenai manfaat daun binahong dalam menangkal radikal bebas menghasilkan suatu penemuan yang mengejutkan kalau kemampuan daun binahong dalam menagkal radikal bebas hampir menyamai kedudukan vitamin E.

Untuk mendapatkan manfaat daun binahong semacam ini, maka seseorang dapat minum rebusan daun binahong secara rutin setiap setelah bangun tidur. Oleh sebab itu, manfaat daun binahong dalam kasus semacam ini perlu di praktikkan untyk menghindari efek buruk akibat radikal bebas.

Hal yang paling menarik dan patut dibahas mengenai manfaat daun binahong adalah manfaatnya sebagai penambah stamina bagi kaum pria. Sifat daun binahong yang merupakan aphrodisiak mampu membangkitakan stamina serta vitalitas pria serta mengatasi permasalahan seksual seperti lemah syahwat.

Cara Pemanfaatan Daun Binahong


Manfaat daun binahong pada pengobatan ini dapat dilakukan dengan meminum rebusan daun binahong ataupun memakannya langsung sebagai lalapan. Seperti halnya sebagai penambangkit gairah sex, manfaat tanaman binahong juga dapat dirasakan bagi mereka yang bekerja keras sehingga mereka tidak mudah capek. Akan tetapi, khasiat daun binahong tidak hanya sebatas itu saja melainkan juga bisa dimanfaatkan untuk penderita mimisan, sakit perut, diabetes, serta beberapa penyakit lain. Oleh karena itu, dengan ditemukannya berbagai manfaat daun binahong, maka sudah sepatutnya kita mencoba untuk menyelesaikan setiap permasalahan kesehatan dengan melibatkan tumbuhan herba ini sehingga efek positif yang ditimbulkan akan lebih besar dari pada efek negatif.

Artikel lainnya:
5 Manfaat Daun Sirih Bagi Tubuh Manusia
Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan Tubuh
14 Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan
4 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan