Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Pomegrante atau buah delima adalah buah yang biasa ditemui pada daerah tropis. Meski mulai jarang ditemui dan jarang dijadikan sebagai buah favorit, buah delima nyatanya memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Manfaat buah delima sendiri cukup banyak, mulai dari kesehatan hingga kecantikan kulit. Nah, agar lebih mengenal tentang buah delima dan manfaatnya, mari simak segudang manfaat dari si merah kecil ini!

Manfaat buah delima

4 Manfaat buah delima bagi kesehatan


Ada sedikitnya lima manfaat delima bagi kesehatan yang bisa anda dapatkan dengan mengonsumsinya. Lebih jelasnya langsung saja simak 5 manfaat buah delima yang diulas dibawah ini:

Meningkatkan kekebalan tubuh


Dalam buah delima vitamin yang ada sangatlah tinggi dan bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa, buah delima ukuran medium mengandung 15% dari total asupan vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh.

Lihat juga:
20 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
6 Manfaat Buah Mengkudu yang Menakjubkan Bagi Kesehatan
Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
6 Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan

Tekanan darah tinggi


Mengkonsumsi buah delima dalam bentuk jus secara rutin mampu membuat tekanan darah turun hingga 5%. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa manfaat buah delima tak hanya menurunkan tekanan darah, namun juga mengatasi penumpukkan plak pada arteri yang merupakan salah satu penyebab lonjakan tekanan darah dan stroke.

Mencegah penyakit jantung


Manfaat buah delima lainnya adalah mencegah penyakit jantung, Hal ini dikarenakan Antioksidan yang ada pada buah delima mampu menormalkan kadar kolesterol yaitu meningkatkan kolesterol baik(HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Turunnya kadar kolestreol ini akan memberikan dampak yang positif bagi kesehatan jantung, karena aliran darah akan menjadi lancar dan jantung tak perlu memimpa terlalu keras.

Mencegah kanker


Jumlah vitamin C, vitamin A, zat besi dan juga zat antioksidan yang tinggi yang terkandung di buah delima sangat efektif untuk menangkal radikal bebas dan juga melawan sel kanker, teutama kanker paru paru, prostat dan payudara.

5 Manfaat buah delima untuk kulit yang jarang diketahui


Tidak hanya untuk kesehatan badan, buah delima juga mempunyai segudang manfaat untuk kulit. Lebih jelasnya berikut beberapa manfaat buah delima untuk kulit:


Perlindungan kulit dari sinar matahari


Paparan sinar hari tentu akan menyebabkan berbagai masalah pada kulit, seperti warna tak merata, kusam dan atau yang paling mengerikan “kanker kulit”. Manfaat buah delima yang cukup luar biasa yaitu dapat mengatasi itu semua, kandungan antioksidan polifenol dalam buah delima mampu melindungi kulit dari efek buruk UV dan membunuh sel kanker kulit secara efektif.

Anti penuaan dini


Manfaat buah delima bagi kesehatan kulit yang menakjubkan lainnya adalah sebagai anti penuaan dini. Mengkonsumsi buah delima setiap hari, mampu mencegah penuan dini akibat paparan UV maupun faktor usia.

Selain itu, manfaat buah delima juga muncul pada minyak biji buah delimanya. Minyak biji ini bisa digunakan untuk membantu memperkuat lapisan epidermis sehingga mencegah terjadinya kerutan pada kulit. Kandungan elastin dan kolagen pada buah delima juga mampu menjadikan kulit lebih elastis sehingga telihat lebih muda.

Melembabkan kulit


Kandungan asam lemak omega 5 atau asam punicic mampu mencegah kekeringan pada kulit. karenanya, masalah pecah pecah, kulit kering, dan bersisik dapat diatasi dengan manfaat buah delima.

Menyehatkan Kulit


Vitamin C yang banyak terdapat dalam buah delima berguna memproduksi kolagen agar kulit yang anda miliki tetap dalam keadaan yang sehat. Zat antioksidan yang berada pada buah delima mencegah penuaan dini, kanker kulit, dan melindungi kulit dari polusi. Buah merah ini juga ikut membantu menghilangkan sel-sel mati dan kulit kusam, meregenerasi sel kulit, dan membuat kulit nampak sehat dan bersinar.

Pengobatan Jerawat


Kandungan vitamin C dalam buah delima, secara efektif mampu mengurangi produksi sebum. Sebum sendiri adalah zat minyak penyebab jerawat. Kandungan antioksidan dan vit C nya akan meregenerasi kulit sehingga bekas jerawat akan menghilang.

Selain beragam manfaat buah delima untuk kesehatan tubuh dan kulit, ternyata buah delima menyimpan manfaat lainnya. Buah delima yang dijadikan jus mampu membuat antigen dari para penderita kanker prostat tetap atau tidak naik khususnya bagi yang sedang mengalami pengobatan atau pasca operasi. Kandungan gula pada buah delima sangat tinggi dan bahkan melebihi batas maksimum harian, karenanya manfaat buah delima kurang cocok untuk dinikmati oleh penderita diabetes.

Buah delima memang kecil, namun buah berukuran mini ini ternyata mempunyai begitu banyak manfaat. Baik dimakan secara langsung ataupun dibuat minuman seperti jus. Selamat mencoba!

Artikel lainnya:
5 Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan
10 Manfaat Buah Plum Untuk Kesehatan
5 Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
10 Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan