9 Cara Mengobati Sariawan Dengan Bahan Alami Tradisional

Cara mengobati sariawan - Penyakit sariawan ini biasanya berupa bercak putih kekuningan yang terjadi pada pipi bagian dalam atau mulut. Sariawan ini bisa menyerang pada bibir bagian dalam, gusi, lidah serta langit-langit yang ada dalam rongga mulut. Ya, meskipun bukan penyakit yang berbahaya namun tergolong sangat mengganggu. Memang penyakit ini tergolong penyakit yang ringan namun bisa mengganggu selera makan anda. Hal ini disebabkan karena rasa perih akibat sentuhan makanan pada sariawan.

Cara mengobati sariawan

Sariawan ini memang bisa dialami oleh siapapun tanpa batasan usia sekalipun. Gejala dari penyakit ini yaitu ketika kita memakan ataupun menelan sesuatu, akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman dan juga sakit. Penyebabnya bisa dikarenakan anda terlalu keras saat menggosok gigi maupun anda kekurangan vitamin C.

Lihat juga:
5 Manfaat Daun Sirih Bagi Tubuh Manusia
6 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan
8 Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan
20 Manfaat Madu Bagi Kesehatan

Penyebab Penyakit sariawan yang sering terjadi


Mungkin semuanya pernah merasakan yang namanya sariawan ini. Meski terbilang penyakit ringan, namun perih yang dirasakan juga begitu mengganggu saat kita akan makan maupun minum. Yang ada bisa membuat selera makan kita menjadi hilang. Bahkan bisa jadi banyak orang yang bingung bagaimana cara mengobati sariawan agar cepat sembuh. Ada beberapa hal yang memang bisa menyebabkan datangnya penyakit sariawan ini.
Biasanya anda yang terkena sariawan kurang mengkonsumsi vitamin c.Daya tahan tubuh yang begitu rendah.
  • Kebersihan mulut yang tidak anda jaga. Bisa karena jarang gosok gigi,maupun jarang minum. Terlebih lagi mungkin anda selalu lupa membersihkan mulut sebelum tidur.
  • penyebab sariawan juga bisa dikarenakan keadaan suhu disekitar anda atau ditempat anda tinggal sekarang.
  • Sariawan juga dapat disebabkan oleh penggunaan suatu produk kesehatan yang tidak cocok dengan kita, misalnya menggunakan pasta gigi yang tidak cocok atau mengkonsumsi suatu obat-obatan yang memang tidak cocok dengan mulut kita.
  • Mungkin anda juga terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang panas maupun pedas.
  • Namun secara umum sariawan juga dapat terjadi karena mulut yang tergigit bisa saja pada saat anda makan ataupun saat anda ngobrol.

Sariawan memang terbilang begitu menyakitkan dan bisa mengganggu aktivitas para penderitanya. Terlebih lagi pada saat mengunyah maupun menelan makanan. Selain berhenti makan-makanan yang pedas dan juga berminyak atau dengan mengkonsumsi vitamin c.

Cara mengobati sariawan dengan bahan tradisional alami


Gejala utama yang sering dirasakan oleh penderita sariawan di mulut adalah adanya rasa nyeri yang biasanya berlangsung antara 4 hari hingga 10 hari lamanya. Dan rasa nyeri ini biasanya akan semakin parah lagi jika lidah menyentuh sariawan atau bahkan makan-makanan yang dirasa pedas. Sariawan juga bisa diobati dengan berbagai obat yang berbahan alami.

Nah, inilah beberapa cara alami dalam mengobati sariawan dengan cepat. Di antaranya yaitu:
  • Cara mengobati sariawan dengan vitamin. Anda bisa mengkonsumsi vitamin c maupun vitamin B. Konsumsilah beberapa vitamin tersebut, dengan begitu sariawan yang anda rasakan akan cepat terusir.
  • Anda juga bisa mengobati sariawan dengan menggunakan kunyit. Siapkanlah kunyit gliserin terlebih dahulu. Kunyit dicuci hingga bersih kemudian dihaluskan dan dicampur dengan gliserin. Setelah itu anda bisa mengoleskan kunyit pada sariawan anda.
  • Cara untuk mengobati sariawan juga bisa anda dapatkan dari bawang putih dan papaya. Anda bisa menempelkan bawang putih dan juga pepaya pada luka sariawan. Pepaya ini mengandung banyak vitamin C sedangkan bawang putih mengandung antiseptic yang mampu membunuh kuman.
  • Cara untuk mengobati sariawan dengan madu dan minyak kelapa. Anda bisa mengoleskan campuran madu dan minyak kelapa pada luka sariawan saat anda akan beranjak tidur. Cara ini memang terbukti mampu menyembuhkan sariawan.
  • Cara untuk mengobati sariawan juga bisa menggunakan pasta yang berbahan garam dan baking soda. Siapkanlah garam, baking soda dan juga air secukupnya. Kemudian campurlah ketiga bahan tersebut hingga merata. Kemudian oleskanlah pasta pada luka sariawan. Biarkan kurang lebih selama 10 menit. Kemudian bersihkanlah dengan air bersih.
  • Daun jambu biji juga bisa anda manfaatkan. Jika anda ingin menggunakan daun jambu biji ini sebagai obat sariawan cukup mudah sekali. Anda hanya perlu mengunyah daun jambu biji kemudian berkumurlah.
  • Cara untuk mengobati sariawan juga bisa dilakukan dengan menggunakan obat tradisional pisang dan madu. Pisang yang dilumatkan bersama dengan madu yang dijadikan pasta ini memang dipercaya mampu mengobati sariawan. Caranya memang sangat mudah, anda bisa menghaluskan pisang dengan menggunakan sendok kemudian dicampurkan dengan madu secukupnya saja. Nah, pasta pisang dan madu bisa anda oleskan pada luka sariawan.
  • Cara untuk mengobati sariawan dengan mengkonsumsi air kelapa. Air kelapa ini juga terbukti efektif menyembuhkan sariawan.
  • Cara mengobati sariawan dengan yogurt. Yogurt ini memang mengandung bakteri yang berguna untuk tubuh. Dengan bakteri ini sariawan anda akan lekas sembuh. Anda bisa mengkonsumsi yoghurt setiap hari.

Itulah berbagai cara yang mungkin bisa anda tempuh dalam mengobati penyakit sariawan yang sedang anda derita. Anda bisa memilih sendiri sekiranya mana yang lebih anda sukai. Mengobati dengan cara alami memang terbukti efektif mampu menyembuhkan penyakit sariawan dengan cepat.

Artikel lainnya:
20 Manfaat Pisang Bagi Kesehatan [Part 1]
20 Manfaat Minyak Wijen Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Obat Herbal Diabetes Paling Ampuh
7 Obat Sakit Gigi Berlubang Tradisional Paling Ampuh Dan Cepat