0
Tipscaraalami.com - Makanan Yang Tidak Boleh Diberikan Pada Bayi - Sistem pencernaan yang ada pada bayi tidak sama dengan orang dewasa, orang dewasa bebas mengkonsumsi makanan apa saja karena pencernaan mereka sudah siap dan berfungsi dengan baik untuk menerima makanan berat. Balita atau bayi yang masih berusia 3-12 bulan tidak siap untuk diberikan makanan berat, karena sistem pencernaan mereka baru terbentuk dan masih lemah. Bila Anda memaksakannya, bisa jadi anak Ibu atau Bapak akan muntah dan tersedak.


makanan yang tidak boleh dimakan oleh bayi
(c) Pixabay.com/PublicDomainPictures
Oleh karena itu, Anda wajib mengetahui apa saja makanan yang tidak boleh dikonsumsi bayi, baik usia bayi Anda 6 bulan, 3 bulan, 10 bulan, atau yang sudah berusia 1 tahun. Seperti dilansir dari Boldsky.com, ini 10 makanan yang tidak boleh dimakan anak usia 1 tahun ke bawah.


Makanan Yang Tidak Boleh Di Konsumsi Bayi


1. Putih telur
Telur adalah makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi dan mineral yang bermanfaat baik bagi kesehatan tubuh. Nah, bagi orang dewasa mungkin bisa menikmati semua manfaat telur ini, tapi tidak bagi bayi. Karena telur dapat membuat pencernaan bayi Anda bermasalah bila bayi Anda mengkonsumsi putih telur. Kalau kuning telur mungkin belum ada penelitian yang melarang bagi bayi, tapi jangan berlebihan juga memberikan kuning telur pada bayi ya.

2. Selai kacang
Selain putih telur, selai kacang juga tidak boleh diberikan pada bayi. Selain kacang memang memiliki rasa yang enak dan lezat, namun karena tekstur dan bentuk makanan enak ini lengket, dan bila Anda berikan pada bayi Anda, makan akan membuat bayi Anda mudah tersedak. Jadi jangan memberikan selai kacang pada bayi Anda.

3. Anggur
Anggur adalah salah satu buah-buahan yang sangat enak, dan memiliki rasa yang khas. Namun, anggur juga termasuk daftar makanan yang tidak boleh dikonsumsi bayi. Memberi makan anggur pada bayi Anda akan membuat dia sakit tenggorokan dan juga diare.

4. Madu
Madu yang sangat sehat dan bermanfaat sekali bagi tubuh ternyata juga tidak bagus bila dikonsumsi bayi. Tekstur yang lengket pada madu ternyata akan membuat bayi Anda tersedak. Jadi cukup Anda saja yang merasakan manfaat madu, dan jangan memberikan pada bayi Anda ya.

5. Keju
Keju adalah makanan yang sangat digemari anak-anak. Makanan yang terbuat dari fermentasi susu ini ternyata tidak bagus dikonsumsi bayi, karena beberapa bakteri yang terkandung pada keju belum sepenuhnya di cerna bayi, jadi bayi Anda bisa saja mengalami diare.

6. Gandum
Sama seperti makanan-makanan di atas, gandum juga termasuk makanan yang tidak bisa dan sulit dicerna oleh bayi, karena gandum terdapat kandungan gluten, yang membuat bayi Anda tidak bisa mencernanya dengan baik, bahkan anak kecil pun.

7. Kerang
Kerang adalah salah satu jenis makanan laut yang tidak bagus bila di konsumsi bayi dan balita. Kandungan merkuri yang tinggi pada kerang dapat menyebabkan bayi Anda alergi dan akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan lainnya.

8. Stroberi
Strawberry adalah buah yang berbentuk lucu bagi anak-anak, dan meskipun stroberi banyak terdapat kandungan vitamin C yang bermanfaat bagus bagi kesehatan tubuh, tapi bila dikonsumsi oleh bayi akan membuat sistem pencernaan mereka terganggu. Selain stroberi, apapun jenis makanan dan buah yang asam pasti akan buruk bila dikonsumsi bayi.

9. Cokelat
Cokelat adalah makanan yang sangat enak, selain anak-anak orang dewasa juga menyukai cokelat. Tapi cokelat jangan dikonsumsi oleh bayi, karena kandungan kafein pada coklat tidak baik bagi bayi.

10. Kacang
Kacang adalah makanan yang keras, pasti bayi Anda tidak bisa memakannya karena gigi mereka yang belum tumbuh. Memberikan kacang pada bayi akan membuat mereka tersedak dan diare.

Itulah beberapa makanan yang tidak boleh di konsumsi bayi. Ingat jangan memberikan daftar makanan di atas, karena dapat membuat bayi Anda tersedak, diare, dan berbagai gangguan kesehatan lainnya. Anda adalah tanggung jawab terbesar bayi Anda. Bila Anda bingung akan makanan yang boleh dikonsumsi bayi Anda, sebaiknya Anda pergi ke dokter anak dan gizi, mereka akan merekomendasikan makanan yang sehat bagi bayi Anda. Semoga bermanfaat!

Lihat juga:
loading...
loading...
 
Top