Manfaat Daun Sirih yang Luar Biasa dari Indonesia

Manfaat daun sirih sebagai tanaman obat alami yang luar biasa, sudah ada dan digunakan sejak nenek moyang kita mengenal budaya nyirih. Menurut nenek moyang kita, budaya nyiri berguna untuk menguatkan gigi, menghilangkan bau mulut dan menjaga gusi tetap sehat. Daun sirih sejak dahulu sudah dimanfaatkan sebagai tanaman obat keluarga yang mampu membantu mengatasi beberapa penyakit.

Manfaat daun sirih

Daun sirih merupakan obat dari berbagai jenis penyakit, misalnya untuk mengobati keputihan, mengobati radang, mengobati luka sampai mengusir hama dan serangga. Tanaman yang menakjubkan ini memang kaya akan manfaat daun sirih sebagai alternative pengobatan. Tidak hanya manfaat daun sirih untuk mengobati beberapa penyakit, daun sirih juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk kecantikan.

Lihat juga:
6 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan
Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
5 Manfaat Daun Sirih Bagi Tubuh Manusia
14 Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan

Sekilas tentang daun sirih


Sebelum kita membahas lebih jauh tentang manfaat daun sirih, mari kita membahas terlebih dahulu tentang tanaman daun sirih. Daun sirih merupakan tanaman merambat asli dari Indonesia. Menurut sejarahnya, daun sirih merupakan flora khas dari provinsi Riau. Tanaman merambat ini dapat tumbuh mencapai 15 meter. Batangnya berwarna coklat kehijauan berbentuk bulat beruas. Sirih memiliki daun tunggal berbentuk jantung dan berujung runcing. Daunnya tumbuh berselang seling, bertangkai dan jika kita cium baunya akan mengeluarkan aroma sedap dan segar bila diremas. Tanaman endemik asli dari Indonesia ini memiliki bunga majemuk berbentuk bulir dan panjang daun sekitar 2-8 cm dan lebarnya 2-5 cm.

Tiga Jenis Daun Sirih di Indonesia


Di Indonesia ada tiga jenis tanaman sirih yakni sirih merah, sirih hitam dan sirih hijau. Namun hanya dua jenis sirih yang paling popular adalah sirih merah dan sirih hijau. Perbedaan mendasar dari ketiga sirih tersebut adalah warna daun yang dimiliki. Sirih merah memiliki daun berwarna kemerahan, sirih hijau memiliki daun berwarna hijau segar, sedangkan sirih hitam daunnya berwarna kehitaman.

Sirih hijau merupakan tanaman herbal dari keluarga Piperaceae dan bisa merambat pada tanaman lain. Manfaat daun sirih merah dan daun sirih hijau sudah sering digunakan dan yang paling popular dimasyarakat. Hanya dengan merebus daun dan meminumnya, dapat digunakan untuk berbagai penyakit. Dari segi rasa, sirih hijau memang memiliki rasa yang pedas. Sirih hijau adalah sirih dengan kandungannya minyak asiri yang paling kaya.

Daun sirih merah memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan karena cocok untuk penyembuhan penyakit ringan sampai berat. Sedangkan daun sirih hijau cocok untuk membasmi hama. Sebagai tanaman yang digunakan untuk pengobatan alternative, kandungan alami dari daun sirih adalah adanya minyak asiri yang didalamnya mengandung minyak terbang, pati.

Zat alami lainnya adalah Seskuiterpen, diatase, dan gula. Sirih juga mengandung zat samak dan kavikol yang memiliki daya luar biasa untuk obat mematikan dalam membunuh kuman, fungisida, anti jamur dan antioksidan.

Manfaat Daun sirih yang sering terlupakan


Dengan banyaknya kandungan dalam daun sirih, membuat manfaat daun sirih pun begitu banyak. Manfaat daun sirih sebagai penghilang bau badan akibat bakteri, anti pendarahan, penyembuh luka yang tergores, mengatasi penyakit ganguan saluran pencernaan dan bersifat mengerutkan. Dahulu, orang-orang menggunakan manfaat daun sirih sebagai alternatif untuk menghentikan pendarahan pada hidung atau istilahnya mimisan. Manfaat daun sirih sebagai pestisida nabati berbuna untuk mengendalikan hama penghisap karena kandungan bahan aktif fenol dan kavikol.

Manfaat daun sirih untuk kesehatan


Manfaat daun sirih yang paling umum untuk mengobati penyakit pada mulut seperti sariawan, sakit gigi, gusi berdarah dan bengkak, dan bau mulut. Daun sirih untuk mengatasi masalah kewanitaan seperti membantu mengatasi keputihan, haid tidak teratur, dan bau badan. Manfaat daun sirih untuk pemakaian luar seperti obat oles, luka bakar, koreng, kurap dan kutu air, obat bisul, mimisan, untuk mencuci mata serta menghilangkan gatal pada kulit. Dan manfaat sirih lainnya seperti batuk, demam berdarah, penyakit pada saluran pernafasan (bronchitis), asma, radang tenggorokan atau penyakit serius seperti diabetes.

Manfaat daun sirih untuk kecantikan


Sementara untuk kecantikan daun sirih berkhasiat untuk mengobati dan menghilangkan jerawat, menghaluskan kulit, mengangkat sel-sel mati dan meregenerasikan kembali. Jadi kesimpulannya adalah, manfaat daun sirih sebagai tanaman herbal dan obat keluarga sudah digunakan dari tahun ketahun karena kandungan alami dau sirih dapat membantu mengatasi masalah beberapa penyakit. Tidak hanya mengatasi penyakit ringan dan penyakit luar, namun dapat berguna untuk mengatasi penyakit serius, kecantikan dan sebagai alternatif pembasmi hama yang mematikan.

Artikel lainnya:
4 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan
8 Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan
Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa
Ini Manfaat Daun Pisang Bagi Kehidupan