20 Faktor Penyebab Kanker Yang Tak Terduga

Penyebab kanker - Mendengar kata kanker memang sangat menyeramkan bila dibanding dengan penyakit lainnya. Memang penyakit kanker adalah penyakit yang paling ditakuti orang diseluruh dunia, termasuk juga dengan Anda. Bila seseorang itu sudah mengidap suatu penyakit kanker, maka sangat sedikit sekali peluang untuk sembuh.


Oleh karena itu sebelum penyakit kanker menghampiri, Anda mesti penyebab kanker yang siapa tau kebiasaan Anda sehari-hari yang justru Anda anggap biasa-biasa aja justru bisa menyebabkan kanker. Nah sangat berbahaya kan, apa yang Anda lakukan itu dan sudah Anda anggap sehat justru membawa Anda mengidap penyakit kanker.

penyebab kanker

Sebelum membahas tentang faktor penyebab kanker yang tak terduga, Anda patut dulu mengetahui jenis jenis kanker dulu yang paling ditakuti oleh manusia dan sangat rentang terkena bagi mereka yang cuek untuk selalu hidup sehat.

Jenis Jenis Kanker


Disini kami menyebutkan 10 jenis kanker saja yang sangat berbahaya dan patut Anda waspadai karena kanker ini mematikan serta sulit disembuhkan, berikut jenis jenis kanker:

1. Kanker paru-paru dan bronkial
2. Kanker usus besar dan rektum
3. Kanker payudara
4. Kanker pankreas
5. Kanker prostat
6. Leukemia
7. Limfoma non-Hodgkin
8. Kanker hati dan saluran empedu intrahepatik
9. Kanker ovarium
10. Kanker esophageal

Nah kesepuluh jenis kanker di atas adalah kanker yang sangat sulit disembuhkan, bahkan banyak penderitanya nyawanya tidak tertolong karena mengidap kanker tersebut. Makanya sebelum kanker menyerang Anda, sudah patut Anda mengetahui faktor penyebab kanker yang tak terduga ini.

Penyebab Kanker


1. Kentang goreng, keripik, dan roti


Waspada mengkonsumsi makanan yang dimasak dengan suhu yang tinggi, karena makanan berkarbohidrat tinggi yang dimasak dengan suhu tinggi bisa membentuk acrylamide, senyawa yang bersifat karsinogen yang dapat menyebabkan kanker. Contoh lain makanan seperti yang disebutkan di atas adalah donat, donat secara tak terduga bisa jadi memicu kanker.

Lihat juga:
Cara menghilangkan bau mulut secara alami

2. Detergen


Penyebab kanker lainnya adalah detergen. Buat ibu-ibu rumah tangga, ini harus di waspadai. Karena ada beberapa detergen yang mengandung bahan dioksan yang bisasa di gunakan untuk mencuci baju secara diam-diam dapat memicu kanker.

Sebuah penelitian bahkan pernah membuktikannya, meskipun hanya menggunakan tikus percobaan laboratorium. Anda harus teliti dalam memilih detergen, jangan sampai Anda mengidap penyakit kanker. Pilihlah detergen yang tidak mengandung bahan dengan kata 'oxynol' atau 'eth' karena kemungkinan ada kandungan dioksan di dalamnya.

3. Pelicin pakaian


Ini satu lagi peringatan bagi ibu-ibu rumah tangga, ternyata bahan pelicin pakaian yang sering digunakan untuk membuat baju tidak kusut ternyata adalah penyebab kanker. Akan tetapi beberapa produk tersebut mengandung formalin yang memicu kanker. Lebih baik kurangi pemakaian produk pelicin pakaian demi menurunkan risiko serangan kanker.

4. Styrofoam


Untuk mengemas dan membungkus makanan dan minuman, menggunakan styrofoam sungguh efisien dan gampang digunakan oleh konsumen. Namun bahan senyawa yang terkandung dalam benda tersebut bisa merusak DNA dan menyebabkan kanker. Selain styrofoam, hindari pula penggunaan kotak dan botol plastik saat mengonsumsi makanan.

Lebih bagus dan sangat di anjurkan kalau membungkus makanan menggunakan daun pisang.

5. Brown rice


Banyak ahli nutrisi menyarankan agar konsumsi nasi putih diganti menjadi brown rice karena kadar seratnya yang lebih tinggi. Akan tetapi beberapa produk brown rice ternyata mengandung arsenik yang bisa memicu kanker. Solusinya untuk menghindar dari kanker adalah cuci beras tersebut sampai bersih supaya kadar arsenik di dalamnya bisa luntur.

6. Rokok elektrik


E-cigarette atau rokok elektronik dapat memicu kanker juga. Bila tidak mau terkena kanker, jauhi dari kebiasaan merokok, baik e-cigarette maupun rokok biasa.

7. Usia


Bila usia Anda usah rentang atau di atas 40 tahun, makan kemungkinan terkena berbagi jenis kanker semakin besar. Maka jangan lupa untuk selalu hidup sehat, makan makanan alami dan rajin berolah raga.

8. Merokok


Memang kalau merokok sudah pasti menyebabkan kanker, dan Anda serta semua orang sudah mengetahuinya, namun tetap saja orang masih tidak bisa meninggalkan kebiasaan buruk merokok ini. Merokok tidak hanya si perokok saja yang akan terkena kanker, tetapi orang disekitar yang menghirup asap rokok tersebut akan terkena kanker juga. Jadi sudah saatnya Anda berhenti merokok.

9. Minuman alkohol


Sama dengan rokok, kebiasaan buruk minum minuman yang mengandung alkohol juga bisa menyebabkan kanker. Maka segeralah berhenti meminum minuman yang merugikan Anda ini.

10. Lingkungan


Orang yang hidup dilingkungan perkotaan atau dekat dengan industri serta pabrik-pabrik justru kemungkinan besar terkena kanker. Untuk menghindari kanker, sebaiknya Anda memakai masker supaya debu dan polusi udara di tempat Anda tinggal tidak terhirup oleh Anda. Selain itu tanamlah pohon sekeliling rumah Anda untuk menyaring udara kotor tersebut agar tidak langsung masuk ke rumah Anda.

11. Sinar matahari


Terlalu lama terkena sinar matahari juga merupakan faktor penyebab kanker. Sinar matahari mengandung UVA dan UVB yang bisa merusak DNA di dalam sel kulit Anda. Salah satu kanker yang ditimbulkan karena paparan sinar matahari ini adalah kanker kulit. Maka dari itu saat keluar rumah dianjurkan untuk memakai krim tabir surya.

12. Radiasi


Jauhi di tempat yang mempunyai radiasi tinggi, seperti pabrik kimia. 

Lihat juga:

Makanan Penyebab Kanker


Selain faktor yang tak terduga penyebab kanker di atas, beberapa makanan dibawah ini patut Anda hindari karena dapat memicu berbagai jenis kanker yang berbahaya. Apa saja makanan penyebab kanker tersebut? Berikut makanan pemicu kanker:

13. Donat


Anda patut untuk mengurangi makan donat, terutama bagi anak-anak yang sangat gemar mengkonsumsi donat. Donat banyak mengandung gula, karbohidrat, tepung, dan minyak. Jenis bahan tersebut bila di goreng akan memicu kanker bila Anda sangar rajin memakannya. Maka dari itu kurangilah memakan donat.

14. Daging bakar


Supaya tak ingin kanker usus dan kanker lambung menyerang Anda, maka hentikanlah makan daging yang di bakar. Daging yang di olah dengan dibakar tidak akan matang dengan sempurna dan bisa memicu zat berbahaya yang dapat memicu kanker.

15. Kentang goreng


Seperti yang disebutkan di atas, kentang yang digoreng sangat tidak sehat untuk Anda konsumsi setiap hari, selain bisa membuat tubuh Anda gemuk, makan kentang goreng terlalu banyak bisa memicu kanker. Maka kurangi dan berhentilah mengkonsumsi makanan kesukaan banyak orang ini.

16. Daging olahan


Aneka daging olahan sangat berbahaya bila Anda konsumsi, karena pada daging tersebut sudah di campur dengan bahan-bahan pengawet dan pasti sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda. Contoh daging olahan tersebut adalah sosis.

17. Makanan kemasan


Makanan kemasan atau makanan ringan yang dijual di kios-kios juga bisa menyebabkan kanker bila Anda sering mengkonsumsi nya. Umumnya makanan kemasan sudah dikasih penyedap dan pengawet agar tahan lama, nah penyedap dan pengawet tersebutlah yang bisa memicu kanker. Kanker yang akan menyerang Anda bila rajin makan makanan olahan adalah kanker otak.

18. Buah dan sayur pestisida


Banyak makan buah-buahan segar dan sayur-sayuran segar tidak akan membuat Anda sehat malah bisa memicu penyakit kanker. Loh kok bisa? Nah pemicunya adalah pestisida, yaitu bahan kimia yang di semprotkan pada buah dan sayur tersebut.

Sebaiknya bila Anda beli buah dan sayur di pasar, sebelum Anda makan dan memasaknya, sangat dianjurkan untuk Anda cuci bersih dulu. Tapi alangkah baiknya Anda tanam sendiri sayur dan buah tersebut yang pasti terbebas dari pestisida.

19. Kue dan makanan manis


Kurangi makan kue dan makanan manis, seperti kue basah, bolu, dan lainnya. Kue umumnya banyak mengandung gula, banyak mengkonsumsi kue tidak hanya menyebabkan kanker, tetapi bisa menyebabkan obesitas, sulit menurunkan berat badan, dan masalah kesehatan lainnya.

20. Minuman kaleng


Minuman kaleng walaupun jus atau susu isinya tetap tidak bagus untuk kesehatan dan bisa memicu kanker. Jus buatan sendiri pasti sangat sehat untuk Anda minum.

Itulah 20 faktor penyebab kanker yang tak terduga menyebabkan kanker. Jauhi ke 20 hal di atas untuk terhindar dari penyakit kanker dan mencegah kanker. Karena penyakit kanker sangat susah di obati bila Anda sudah mengidapnya. Lebih baik mencegah dan mengetahui hal yang dapat menyebabkan kanker.

Lihat juga:

Mulai sekarang Anda harus terbiasa hidup sehat. Hidup sehat bisa dilakukan dengan olahraga yang teratur dan banyak makan makanan alami, seperti buah-buahan dan sayuran alami. Ketahui juga sayuran apa saja yang dapat mencegah kanker. Demikian hal penyebab kanker dan kebiasaan penyebab kanker. Semoga bermanfaat!