23 Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami Ampuh

Cara menghilangkan bau badan secara alami - Zaman sekarang masih bau badan? Enggak banget deh. Bau badan yang sangat menyengat selain Anda sendiri tak nyaman dan mengganggu aktivitas tetapi orang lain disekitar Anda juga akan mereka terganggu. Orang-orang atau kawan Anda akan benci sama Anda akan menjauh sama Anda.


Memang bau badan bisa mengalami siapa saja baik muda maupun tua. Bila Anda bau badan, Anda harus segera menghilangkan bau badan, karena coba bayangkan bila Anda dekat sama orang yang badannya sangat bau, pasti Anda merasa tidak nyaman kan? Nah maka dari itu segera hilangkan bau badan Anda, jangan bikin kawan dan orang disekitar Anda tak tahan dengan bau badan Anda.

Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

Kenapa sih bau badan itu baunya kurang nyaman banget dan terasa tak sedap mencium bau nya? Serta bagaimana cara menghilangkan bau badan secara alami dan ampuh tak kembali lagi? Nah sebelum membahas cara menghilangkan bau badan dan keringat berlebih Anda patut tau dulu penyebab bau badan dulu.

Penyebab Bau Badan


Penyebab bau badan terjadi karena adanya kelenjar keringat. Memang ada beberapa orang yang mengeluarkan keringat yang tidak bau, namun keringat yang keluar begitu lama berada pada kulit bahkan bisa setengah hari lamanya akan berubah menjadi bau. Keringat yang menempel pada kulit tersebut akan berubah menjadi bakteri-bakteri yang akan berkembang biak menjadi bau.

Selain masalah keringat di atas, bau badan dapat disebabkan oleh:
  • Stres. Bila seseorang sedang stres, maka keringat yang keluar akan bau. Hal ini disebabkan oleh kelenjar apokrin. Kelenjar ini akan mengeluarkan keringat yang tidak berair, dan bakteri dari lemak dan protein yang bercampur.
  • Olahraga. Nah keringat yang dihasilkan karena olahraga atau latihan ternyata bisa bau juga.
  • Panas. Berada diluar ruangan pasti akan terkena debu, polusi, dan paparan sinar matahari, nah karena panas pasti akan mengeluarkan keringat.
  • Hidup tidak sehat. Hidup tidak sehat seperti jarang mandi juga bisa membuat bau badan.
  • Makanan. Ternyata makanan yang Anda konsumsi bisa membuat bau badan loh, makanya konsumsi makanan sehat, sayur dan buah ya. Dan kurangi makanan olahan.

Cara Menghilangkan Bau Badan Dengan Makanan Alami


1. Beras merah


Mengkonsumsi beras merah tidak hanya dapat membuat tubuh jadi sehat, tetapi kandungan protein yang tinggi pada beras merah ternyata dapat membuat bau badan pada tubuh berkurang.

Lihat juga:
Bahaya kafein bagi kesehatan tubuh

2. Daging berwarna putih


Ternyata mengkonsumsi daging berwarna merah adalah salah satu yang membuat keringat bau. Untuk itu, hindari mengkonsumsi daging merah, dan ganti sama daging berwarna putih. Daging berwarna putih bisa Anda dapatkan dari unggas, bisa dari daging burung atau daging ayam.

3. Sayuran mentah


Selain itu, cara menghilangkan bau badan secara alami lainnya bisa juga dengan sayuran mentah. Sayuran bila dimasak atau direbus akan menghilangkan kandungan alaminya, seperti vitamin A dan vitamin B akan tidak utuh lagi, lebih baik mengkonsumsi mentah-mentah. Sayuran mentah selain dapat menghilangkan bau badan, sayuran mentah juga dapat membuat tubuh Anda tetap sehat. Tapi suci bersih dulu ya sebelum mengkonsumsinya.

4. Buah-buahan segar


Penelitian mengungkapkan bahwa makanan yang memiliki jumlah kolin yang lebih rendah dapat mengurangi bau badan. Contoh dari makanan tersebut adalah buah-buahan segar seperti stroberi, apel, semangka, pisang, anggur, jeruk, dan pir. Ingat, membuat jus justru akan menghilangkan kandungan nutrisi dan vitamin dalam buah tersebut, lebih baik konsumsi secara langsung saja.

5. Air putih


Air putih memang sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan tubuh dan merupakan cara menghilangkan bau badan dengan murah. Minumlah air putih secukupnya dan teratur setiap saat, karena selain membuat badan tidak bau, air putih sangat bermanfaat untuk menghilangkan racun dalam tubuh dan mengeluarkannya saat Anda mengeluarkan air.

6. Teh herbal


Teh herbal selain bermanfaat bagi kesehatan, tetapi dapat membuat bau badan hilang. Teh herbal akan membunuh bakteri penyebab bau badan.

Cara menghilangkan bau badan dengan ramuan tradisional


7. Daun sirih


Daun sirih memang dari zaman nenek moyang dulu sudah terkenal akan manfaat herbal nya bagi kecantikan dan kebugaran tubuh kita, dan juga dapat menghilangkan bau badan. Hal ini disebabkan oleh kandungan antioksidan yang tinggi yang ampuh menghilangkan berbagai masalah kesehatan pada tubuh dan kulit Anda.

Cara menghilangkan bau badan dengan daun sirih Anda bisa mandi dengan menggunakan air rebusan dari daun sirih. Lakukan cara ini secara rutin dan tak lama masalah bau badan Anda akan teratasi.

8. Daun beluntas


Pernah dengar daun beluntas? Daun beluntas adalah tumbuhan yang sering tumbuh dipinggir jalan dan semak-semak. Daun ini ternyata memiliki kandungan senyawa penting yang dapat mengatasi berbagai masalah gangguan kesehatan dan kulit Anda. 

Cara menghilangkan bau badan dengan daun beluntas caranya juga sama dengan daun sirih, yaitu cukup mandi dengan air rebusannya saja rutin, niscaya masalah bau badan Anda akan segera teratasi.

9. Daun kemangi


Daun kemangi selain dapat menghilangkan bau badan secara permanen tapi juga bisa sebagai antiseptik. Nah cara menghilangkan bau badan secara alami dengan daun kemangi adalah Anda hanya perlu memakan daun saja sebagai lalapan tiap hari.

10. Temulawak


Sama dengan daun kemangi, temulawak juga mengandung atsiri yang dapat menghilangkan bau badan. Untuk menghilangkan bau badan, Anda cukup minum air perasan temulawak. Bila bau nya tak enak, Anda bisa mencampur nya dengan sedikit madu agar enak diminum.

Lihat juga:

11. Bunga kecombrang


Kandungan akan antioksidan dan zat-zat lain yang bermanfaat bagi tubuh seperti saponin, fenolik, flavonida, alkaloid, tanin, triterpenoid, glikosa, streoid, polifenol, antimikroba, vitamin, dan juga mineral pada bunga kecombrang ternyata tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh saja, tetapi dapat menghilangkan bau badan juga.

Cara nya cukup mudah, tumbuk kasar bunga kecombrang dan batangnya lalu gunakan seperti sabun pada tubuh. Gunakan setiap kali Anda mandi.

12. Jeruk purut


Buah ini kaya akan manfaat alaminya bagi kesehatan dan kecantikan. Salah satu manfaatnya adalah dapat menghilangkan bau badan dengan cara alami. Cara menghilangkan bau badan dengan jeruk perut adalah cukup dengan meminum air perasan jeruk purut ini.

13. Jeruk nipis


Jeruk nipis kaya akan vitamin C ini ternyata ampuh menghilangkan bau badan tak sedap. Caranya sangat gampang, cukup belah jeruk nipisnya, lalu usap pada ketiak Anda, persis seperti Anda menggunakan produk deodoran.

14. Jehe


Jahe juga mengandung minyak atsiri yang ternyata bermanfaat ampuh menghilangkan bau badan tak sedap. Anda bisa mengkonsumsi wedan jahe tiap hari untuk menghilangkan bau pada ketiak dan badan Anda.

Selain cara menghilangkan bau badan dengan makanan dan ramuan herbal alami di atas, berikut ada tips menghilangkan bau badan.

Tips Menghilangkan Bau Badan Terbukti


15. Mandi dua kali sehari


Berapa kali Anda mandi dalam sehari? Sekali atau 2 kali? Nah mandi dalam sehari dua kali memang sangat dianjurkan bagi kita yang hidup di negara tropis yang sangat panas ini. Bila aktivitas diluar ruangan Anda sangat padat, dan sering berada di lapangan yang penuh dengan debu, Anda wajib mandi 2 kali dalam sehari, yaitu pada pagi hari dan sore hari supaya kuman serta kotoran penyebab bau badan dapat hilang.

16. Jauhi makanan penyebab bau badan


Supaya Anda tak mudah bau badan, perhatikan juga makanan yang Anda makan. Bila Anda sering merokok, minum alkohol, makan makanan cepat saji, daging merah, atau makanan olahan yang banyak tepungnya yang ternyata dapat menyebabkan bau badan.

17. Sering olah raga


Memang dengan olahraga akan mengeluarkan keringat yang banyak ketikan badan Anda panas dan lelah. Tapi keringat yang keluar tersebut akan membuang kuman dan bakteri pada pori-pori Anda.

18. Bersihkan keringat


Jangan biarkan keringat lama menempel pada kulit Anda, karena bila terlalu lama akan berubah menjadi bakteri. Oleh karena itu Anda bisa lap dengan kain keringat yang keluar tersebut.

19. Pakaian


Jaga kebersihan pakaian Anda. Bila sudah bau dan kotor maka segeralah membersihkannya dan jangan Anda pakai lagi. Karena bila Anda pakai baju kotor, kuman yang menumpuk pada pakaian akan menempel di kulit, dan akan memproduksi keringat bercampur bakteri pada tubuh Anda yang akan membuat keringat Anda bau.

20. Gunakan pakaian yang dapat menyerap keringat


Selain menjaga kebersihan pakaian, Anda patut juga menggunakan baju yang dapat menyerap keringat, seperti kaos. Bila Anda beraktivitas menggunakan pakaian kemeja Anda bisa menggunakan dalaman.

Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Medis


Bila di atas adalah cara menghilangkan bau badan secara alami atau dengan menggunakan bahan alami, makan dibawah ini adalah cara menghilangkan bau badan dengan cara medis, yaitu menggunakan produk penghilang bau badan di pasar, dan lainnya.

21. Pakai deodoran


Cara mudah dan cepat untuk menghilangkan bau badan adalah dengan menggunakan deodoran pada ketiak sehabis mandi. Gunakan deodoran sebelum beraktivitas.

22. Bedak


Selain deodoran, bedak juga dapat menghilangkan bau badan. Anda bisa menggunakan bedak khusus yang dapat menghilangkan bau badan.

23. Pergi ke dokter


Nah langkah yang terakhir yang mesti Anda lakukan untuk membasmi bau badan tak sedapat adalah pergi periksa kedokter bila kesemua cara menghilangkan bau badan secara alam di atas sudah Anda coba dan tidak berhasil.

Segera konsultasi ke dokter. Dokter nanti akan memeriksa Anda apa penyebab bau badan di pada tubuh Anda, dan akan merekomendasikan apa yang harus Anda lakukan.

Lihat juga:

Itulah 23 cara menghilangkan bau badan dengan cepat dan alami. Ternyata penyebab bau badan adalah lebih dominan karena keringat berlebih. Konsumsi makanan sehat di atas untuk mengurangi produksi keringat. Baca juga cara mengobati dan menghilangkan sakti gigi. Semoga bermanfaat!