Gejala Diabetes Tipe 1 Dan 2 Serta Penyebab Dan Cara Mengobati

Gejala diabetes - Diabetes (diabetes melitus) adalah salah satu penyakit yang dapat menyerang Anda, bahkan siapa saja, baik muda maupun tua. Kebanyakan diabetes menyerang mereka yang lebih tua, namun tidak berarti bagi yang muda tidak akan terkena penyakit ini. Anda harus mewaspadai nya agar penyakit diabetes ini tidak menyerang Anda, karena penyakit diabetes ini termasuk penyakit jangka panjang serta sulit untuk disembuhkan.


Di negara Indonesia sendiri, penyakit diabetes adalah penyakit yang sangat menakutkan selain kanker, dan Indonesia sendiri adalah negara yang penduduknya cukup banyak yang menderita diabetes ketimbang negara berkembang lainnya. Hal ini disebabkan karena kebiasaan orang Indonesia yang suka makan makanan manis serta kebiasaan tak sehat yang dilakukan tiap hari.

Menurut hasil dari sebuah penelitian dari Federasi Diabetes Internasional pada tahun 2013, jumlah penderita diabetes di Indonesia mencapai 8,5 juta orang, rata-rata berusia antara 20-79 tahun. Nah loh cukup bayak ternyata penderita penyakit diabetes ini di Indonesia. Dan cuma dari 50% nya saja yang menyadari penyakit diabetes menyerang mereka.

Diabetes sering di artikan dimana seseorang memiliki gula darah yang tinggi di dalam tubuhnya. Hal tersebut disebabkan karena hormon insulin di dalam tubuh tidak bekerja dengan maksimal. Biasanya yang menderita diabetes akan sering buang air kecil, sering haus, dan mudah lapar.

Sebelum membahas penyebab diabetes dan cara mengobati diabetes, Anda patut mengetahui dulu gejala diabetes atau ciri ciri diabetes yang patut Anda waspadai. Berikut gejala diabetes yang akan menyerang Anda.

gejala diabetes, penyebab diabetes, cara mengobati diabetes


Gejala Diabetes Yang Mesti di Waspadai

1. Cepat lelah


Para penderita diabetes sering mengalami mudah lelas, capek, lemas dan lesu dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Hal tersebut terjadi karena hormon insulin Anda tidak aktif bekerja sehingga terjadi penumpukan glukosa.

Lihat juga:
Manfaat minyak wijen bagi kesehatan dan kecantikan

2. Kulit jadi kering


Kulit menjadi kering sebab adanya neuropati perifer pada tubuh penderita diabetes yang dapat mempengaruhi sirkulasi dan fungsi kelenjar keringat.

3. Cepat haus


Tanda tanda diabetes lainnya adalah cepat haus. Cepat haus adalah salah satu hal yang paling sering terjadi pada penderita diabetes. Hal ini terjadi sebab ginjal menyerap sebagian besar cairan sehingga mengakibatkan Anda mudah haus.

4. Lamanya penyembuhan luka


Hal ini terjadi sebab hormon insulin tidak bekerja, sehingga mengakibatkan sistem kekebalan tubuh melemah dan membuat proses penyembuhan luka menjadi lama.

5. Menurunnya berat badan


Bila Anda lagi tidak berdiet dan mengalami penurunan berat badan yang cepat, Anda harus waspada, karena itu merupakan gejala awal Anda sudah terkena penyakit diabetes. Penurunan berat badan yang sangat cepat itu disebabkan oleh tubuh yang tidak mampu melepaskan energi.

6. Mata mulai rabun


Tanda tanda diabetes lainnya adalah mulai mengalami penurunan penglihatan dan mata mulai rabun. Hal tersebut disebabkan karena meningkatnyan kadar glukosa yang dapat merusak pembuluh darah dan mengurangi cairan yang ada dalam lensa mata Anda. Biar dibiarkan, lama kelamaan akan mempengaruhi penglihatan Anda, bahkan bisa menyebabkan kebutaan.

7. Kesemutan tangan dan kaki


Glukosa yang berlebihan dalam darah dapat mempengaruhi sistem saraf. Hal ini menyebabkan ketidakmampuan untuk merasa dan juga munculnya rasa seperti terbakar di tangan dan kaki.

8. Sakit kepala


Penderita diabetes juga akan merasakan sakit kepala. Sakit kepala yang dirasakan bisa sangat kuat.

9. Infeksi kulit


Penderita diabetes juga bisa terserang berbagai penyakit kulit, seperti jamur, kutu air, dan berbagai penyakit kulit lainnya. Luka dan penyakit kulit tersebut pada penderita diabetes akan membutuhkan waktu yang lama untuk proses penyembuhan.

10. Rasa lapar yang berlebihan


Selain infeksi kulit, penderita diabetes juga akan merasakan lapar, meskipun sudah makan. Hal tersebut disebabkan karena banyaknya cairan yang dikeluarkan dari tubuh.

11. Sering buang air kecil


Biasanya orang normal sehari bisa buang air kecil sekitar 5 sampai 10 kali dalam sehari, tapi tergantung kondisi cuaca juga dan apakah Anda banyak minum air putih dari pada banyak makan juga mempengaruhi berapa jumlah Anda pipis dalam sehari.

Namun bila seseorang yang sudah terkena diabetes itu mereka akan sering buang air kecil. Biasanya dalam sehari lebih dari 10 kali, serta bila Anda tak banyak minum air pun dan minum sedikit, Anda akan tiap saat buang air.

Hal ini terjadi karena seharusnya tubuh akan menyerap glukosa yang sudah masuk ke dalam ginjal. Namun ketika kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi maka akan membuat semua proses itu tidak terjadi. Jadi semua hasil metabolisme kadar gula dalam tubuh akan keluar dari tubuh setelah melewati ginjal.

12. Mulut jadi kering


Bila mulut Anda merasa kering, bahkan sehabis minum air jadi kering lagi, disertai sering buang air kecil sehabis minum seperti yang disebutkan di atas, nah Anda patut mewaspadai ini adalah ciri ciri diabetes yang sedang menerang Anda.

Tanda awal diabetes umumnya terlihat pada mulut yang tiap saat merasa kering, disertai haus yang membuat Anda ingin minum air putih terus-terusan serta buang air kecil tiap saat sehabis itu.

13. Infeksi pada jari kaki dan jari tangan


Tanda awal diabetes yang paling mudah terlihat adalah infeksi pada jari kaki dan jari tangan. Bila gula darah dalam tubuh Anda sangat tinggi, maka ada jamur tertentu yang mudah mengenai tubuh Anda. Nah jamur ini akan memakan gula darah pada kulit pada bagian jari kaki serta tangan Anda, jadi jari kaki dan jari tangan Anda akan mudah luka.

Luka tersebut akan mudah berkembang menjadi besar, serta menyebar ke bagian jari lainnya bila tidak segera diobati. Bila jari kaki dan tangan Anda tiba-tiba luka dan terkelupas kulitnya Anda patut mewaspadainya, karena ini adalah gejala diabetes melitus tipe 2 atau gejala diabetes melitus tipe 1.

14. Infeksi pada bagian bawah payudara


Bila Anda mendapati pada bagian bawah payudara Anda ada infeksi, atau sering merasa tak nyaman serta ada rasa gatal yang ditimbulkan ini bisa berarti tanda awal gejala diabetes. 

15. Infeksi organ intim


Sama seperti infeksi pada bagian bawah payudara wanita, bila pada bagian intim Anda mengalami infeksi, ini merupakan gejala awal diabetes juga. Infeksi pada bagian intim terjadi karena adanya jamur yang berkembang, hal ini disebabkan oleh perubahan cairan pada tubuh dan tubuh akan menjadi kering.

16. Nyeri sendi


Gejala awal diabetes tipe 1 atau tahap awal bisa dikenali dengan sering terjadi nyeri pada sendi. Anda akan merasa tidak nyaman, umumnya terjadi pada sendi-sendi yang berada pada bagian kaki. Hal ini disebabkan juga karena kadar gala yang tinggi pada darah.

17. Mati rasa


Sering mati rasa pada bagian kaki atau tangan Anda juga merupakan gejala awal diabetes. Sebelum mati rasa, Anda akan mengalami kesemutan dulu. Mati rasa pada bagian kaki dan tangan Anda disebabkan karena syarat kaki dan tangan tidak bekerja dengan baik karena adanya perubahan kadar gula dalam darah

Lihat juga:

Selain gejala diabetes diatas, adapun ciri-ciri diabetes lainnya adalah:

Ciri ciri gejala diabetes lainnya

  • Mual
  • Muntah
  • Bau mulut terasa manis
  • Sakit perut
  • Bernafas lebih cepat
  • Kurang konsentrasi dalam bekerja
  • Emosi tidak stabil
  • Denyut jantung terasa cepat
  • Berkeringat
  • Gusi bengkak
  • Gigi goyah
  • Bermasalah dengan pendengaran
  • Mendengkur saat tidur
  • Selalu ingin tidur
Bila Anda mengalami beberapa gejala diatas bahkan semuanya makan segeralah untuk memeriksa diri Anda ke dokter. Karena bila dibiarkan tanpa diobati bisa menyebabkan diabetes melitus 2 yang sangat sulit untuk disembuhkan. Mendeteksi sedini mungkin akan mencegah diabetes semakin parah dan mungkin bisa disembuhkan.

Penyebab Diabetes 


Penyebab umum diabetes yang sering diderita oleh orang Indonesia adalah:

1. Kadar gula darah meningkat diatas normal
2. Faktor keturunan. Bila salah satu anggota keluarga Anda ada yang mengalami penyakit diabetes, baik ayah, ibu, kakek, atau anggota keluarga Anda lainnya, maka besar kemungkinan Anda akan terkena diabetes juga.
3. Berat badan naik atau obesitas.
4. Sering mengkonsumsi makanan serta minuman banyak gula.
5. Sering ngemil makanan tak sehat.
6. Makan gorengan
7. Malas melakukan aktivitas fisik.
8. Sering stress, depresi, atau tekanan dalam aktivitas sehati-hari.

Cara Mengobati Diabetes


Bila sudah terkena diabetes maka untuk cara mengobati diabetes akan sangat sulit untuk dilakukan. Namun diabetes bisa Anda kendalikan. Anda bisa mengendalikan gula darah dalam tubuh terutama untuk tipe diabetes melitus 2.

Berikut cara mengobati diabetes dengan cara alami tanpa perlu obat-obatan:

1. Melakukan pola hidup sehat seperti rajin olahraga tiap hari. Anda bisa berjalan santai, berenang bersepeda, atau melakukan olahraga kesukaan Anda. Saat tubuh sering bergerak, maka kadar gula dalam darah Anda akan mudah dikendalikan, serta Anda akan terbebas dari obesitas.
2. Atur pola makan Anda. Anda harus mengurangi makan makanan manis, seperti kue, minum teh manis. Andan harus mengatur jumlah kalori keluar dan masuk kedalam tubuh.
3. Makan makanan sehat, seperti sayuran rebus, buah-buahan, dan kurangi makan makanan cepat saji.
4. Periksa gula darah secara teratur ke dokter. Karena kadar gula darah adalah ukuran yang sangat penting dah harus Anda jaga bagi penderita diabetes.
5. Diet khusus. Bagi penderita diabetes melakukan program diet khusus juga sangat penting dilakukan untuk mengatur pola makanan dan jenis makanan yang dikonsumsi agar tidak memancing gula darah naik.
6. Istirahat. Bagi penderita diabetes sangat dianjurkan untuk istirahat yang cukup. Anda harus tidur minimal 7 jam dalam sehari. Tidur yang cukup dapat menurunkan kadar gula yang tinggi.
7. Luka. Penderita diabetes akan mudah luka pada kaki, bila sudah luka makan akan sulit untuk sembuh, maka rawatlah luka Anda dengan baik dan segera pergi ke dokter.
8. Gigi. Selalu rawat gigi Anda dengan baik, jangan biarkan bakteri ada di mulut dan gigi Anda. Merawat kesehatan gigi dan mulut sangat perli bagi penderita diabetes.
9. Berhenti merokok. Bagi Anda penderita diabetes, bila masih merokok maka segeralah berhenti merokok, karena merokok akan mempeparah penyakit diabetes Anda.
10. Minuman bersoda. Stop mengkonsumsi minuman bersoda karena kadar gula yang tinggi pada soda bisa memperburuk diabetes Anda.

Cara Mencegah Diabetes


Cara mencegah diabetes melitus tipe 2 dan diabetes melitus tipe 1 hampir sama dengan cara mengobati diabetes di atas yaitu tinggalkan kebiasaan tidak sehat Anda, dan beralih untuk hidup sehat dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan sehat tiap hari, disertai dengan makanan sehat.

Selain itu bila Anda sering mengkonsumsi daging merah, Anda bida menggantinya dengan daging putih seperti daging ayam dan daging ikan. Selain itu itu perbanyak makan sayuran yang berwarna.

Itulah gejala diabetes, penyebab diabetes, cara mengobati diabetes, serta cara mencegah diabetes baik diabetes melitus tipe 1 atau diabetes melitus tipe 2. Penyakit diabetes penyebab utamanya adalah dari faktor keturunan, serta gaya hidup Anda yang kurang baik.

Bila Anda sudah terkena diabetes makan akan sulit untuk disembuhkan, tetapi Anda bisa mengendalikan diabetes dengan melakukan tips cara mengobati diabetes agar gula darah Anda dapat dikendalikan.

Lihat juga:

Bila Anda belum terkena penyakit diabetes ini, mulai sekarang lakukan pola hidup sehat dengan rajin aktivitas fisik dan makan makanan sehat. Karena bila sudah terkena penyakit diabetes ini akan sulit untuk disembuhkan. Terimakasih dan semoga bermanfaat.