20 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat buah semangka - Anda suka makan buah semangka? Ya buah yang umum warna kulitnya hijau dan dagingnya berwarna merah ini cukup mudah dijumpai di negara-negara Asia, khususnya di Indonesia. Nah pasti disetiap kios yang jualan buah kita bisa dengan mudah melihat buah semangka ini. Buah semangka sendiri memang sangat mudah sekali tumbuh di Indonesia dan tanpa perlu melakukan perawatan khusus.


Buah semangka ini sebenarnya masih satu kerabat dengan buah melon, labu, dan ketimun. Namun dibanding dengan buah melon, labu, dan ketimun, buah semangka memiliki rasa lebih manis, renyah bila dimakan, serta berlimpah dengan air. Jadi buah semangka ini sangat cocok dimakan saat musim panas, karena dapat menyegarkan tubuh.

Untuk menyantap buah semangka, caranya cukup mudah, Anda cukup memotongnya, lalu mengiris dengan ukuran sesuai selera, ada juga yang dijadikan jus dengan ditambah sedikit es batu makin tambah nikmat.

Buah semangka rasanya sangat segar ini memiliki manfaat bagi kesehatan karena kandungan nutrisi dan vitamin yang ada di dalamnya. Berikut kandungan buah semangka:

Kandungan Buah Semangka


Ini tabel nilai gizi per 100 gram sajian:
  • Kalium 319 mg
  • Fosfor 31 mg
  • Magnesium 30 mg
  • Kalsium 19 mg
  • Sodium 2,9 mg
  • Zat Besi 0,98 mg
  • Selenium 1,2 mcg
  • Mangan 0,112 mg
  • Tembaga 0,15 mg
  • Seng 0,32 mg
  • Vitamin A 1630 IU
  • Tiamin 0,092 mg
  • Riboflavin 0,09 mg
  • Niasin 0,521 mg
  • Folat 9 mcg
  • Asam Pantotenat 0,654 mg
  • Vitamin B6 0,123 mg
  • Vitamin C 23,4 mg
  • Vitamin E 0,15 mg
  • Vitamin K 0,4 mcg
  • Protein 1,74 g
  • serat 1,9 g
  • Kalori 85 kalori
Nah sangat banyak sekali ternyata kandungan gizi yang terdapat dalam buah semangka. Cukup makan satu potong saja buah semangka, maka Anda susah mendapatkan semua kandungan gizi diatas yang sangat dibutuhkan oleh tubuh Anda.

manfaat semangka

Lalu apa saja manfaat buah semangka bagi kesehatan dan juga manfaat buah semangka bagi kecantikan tubuh Anda? Nah bila Anda tak sabar berikut manfaat semangka untuk kesehatan dan kecantikan:

Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan


1. Dapat menurunkan berat badan


Bagi Anda yang sulit dan sudah mencoba berbagai cara untuk menurunkan berat badan, tapi tidak berjalan dengan sempurna, cobalah buah semangka. Buah semangka bagus untuk diet karena kandungan air yang sangat tinggi didalamnya sangat ampuh mengatasi kadar kolesterol Anda.

Selain itu, semangka sangat cocok dijadikan camilan karena akan membuat Anda cepat kenyang namun rendah kalori.

Lihat juga:

2. Membantu dalam pemulihan nyeri otot


Kandungan asam amino yang tinggi pada semangka ternyata dapat bermanfaat menghilangkan nyeri otot. L-citrulline atau asam amino adalah zat yang dapat membuat stabil detak jantung saat melakukan aktivitas berat, seperti sedang berolahraga, sehingga dapat mengurangi cedera otot atau nyeri otot yang mungkin akan Anda alami saat berolahraga.

3. Semangka kaya akan vitamin dan mineral


Manfaat buah semangka lainnya adalah semangka mengandung vitamin A, B, C, potasium, zat besi, kalsium, mangan, seng, zat antioksidan dan nutrisi lainnya. Dengan kandungan sebanyak itu, jadi jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi semangka, karena sudah semua kandungan tersebut sangat dibutuhkan untuk tetap bugar.

4. Baik untuk mencegah penyakit kardiovaskular


Apakah Anda memiliki masalah dengan jantung Anda, cobalah dengan mengkonsumsi semangka sebanyak mungkin. Kandungan aktioksidan yang disebut lycopene yang terdapat pada semangka ternyata dapat mengurangi peradangan pembuluh darah yang dapat menyebabkan stroke jantung. Lycopene juga membantu mengurangi tekanan darah tunggi dan diabetes yang dikenal sebagai 2 hal terbesar penyebab serangan jantung.

5. Dapat mencegah kanker


Selain mencegah kardiovaskular, manfaat buah semangka lainnya adalah dapat mencegah kanker. Untuk Anda yang takut akan penyakit kanker, sebelum kanker menghampiri Anda, lebih baik mencegahnya. Ternyata mengkonsumsi semangka dapat mencegah penyakit kanker lho. Kandungan zat antioksidan di dalamnya dapat melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Selain itu semangka juga dapat mencegah penyakit kanker prostat dan kanker usus besar.

6. Memberikan suntikan energi


Gula alami dan kandungan air yang cukup tinggi dalam buah ini dapat memberikan Anda energi yang cukup untuk beraktifitas selama seharian. Jadi tak ada salahnya kalau semangka dimasukkan juga ke dalam daftar belanjaan Anda.

7. Membantu kekuatan tulang


Semangka dikenal dapat mencegah penyakit yang berkaitan dengan tulang termasuk arthritis. Hal ini disebabkan karena semangka mengandung kalsium yang dapat membantu dalam memperkuat struktur tulang dasar tubuh Anda.

8. Mencegah Asma


Mengkonsumsi buah semangka ternyata dapat mencegah penyakit asma. Kandungan vitamin C yang banyak pada buah semangka bisa mencegah Anda terkena dari penyakit gangguan pernapasan.

9. Menurunkan tekanan darah


Bila Anda mengalami tekanan darah tinggi, buah semangka sangat cocok untuk Anda konsumsi karena dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau bagi Anda yang lagi menderita penyakit hipertensi. 

10. Melancarkan BAB


Anda sering susah buang air besar atau sering sembelit? Nah kabar baiknya, sering mengkonsumsi buah semangka ternyata dapat melancarkan buang air besar. Kandungan serat serta air yang tinggi pada buah semangka akan membantu sel alami pada usus serta melancarkan penyerapan nutrisi, otomatis BAB jadi lancar.

Lihat juga:

11. Mengatasi dehidrasi


Manfaat semangka lainnya sudah pasti dapat menghilangkan dehidrasi karena kandungan air dan serat yang banyak pada buah semangka.

12. Mencegah peradangan


Karena pada buah semangka mengandung senyawa kolin alami yang banyak, hal ini dapat membantu menjaga kesehatan otot tubuh Anda. 

13. Kesehatan mata


Untuk menjaga kesehatan mata tidak hanya dengan memakan buah wortel saja, tetapi dengan memakan buah semangka, mata Anda juga akan sehat. Buah semangka mengandung vitamin A seta beta karoten, nah kedua zat ini bermanfaat menjaga kesehatan retina dan lensa mata Anda. Selain itu semangka juga dapat mencegah penyakit mata, seperti mata rabun dan katarak.

14. Menjaga kesehatan ginjal


Manfaat buah semangka lainnya adalah membatu memelihara kesehatan ginjal Anda. Kandungan kalium pada buah semangka membatu fungsi kerja ginjal. Kalium ini bekerja membersihkan zat-zat racun yang ada pada ginjal Anda. Jadi jangan lupa konsumsi buah semangka secara rutin setiap hari.

15. Mencegah sariawan


Bila mulut Anda sering kering, maka sariawan akan mudah menyerang mulut Anda, maka dengan rajin konsumsi semangka akan membantu mengatasi sariawan dan mencegah munculnya sariawan. Hal ini disebabkan oleh kandungan air dan serat tinggi pada buah semangka.

Bila di atas adalah manfaat buah semangka bagi kesehatan tubuh, berikut ini adalah manfaat buah semangka untuk kecantikan tubuh. Ternyata buah semangka bisa bikin Anda cantik juga. Berikut manfaat kecantikan buah semangka:

Manfaat Buah Semangka Untuk Kecantikan


16. Mencegah penuaan dini


Dengan kandungan vitamin A dan C pada buah semangka ternyata bisa menangkal radikal bebas yang menyerang kulit Anda. Rutin mengkonsumsi semangka akan membuat kulit Anda kebal akan serangan berbagai penyakit kulit yang disebabkan oleh radikal bebas.

17. Membuat kulit lembab


Mengkonsumsi buah semangka tidak hanya mencegah dehidrasi dengan kandungan air didalamnya, tetapi juga dapat membuat kulit Anda lembab, jadi sangat cocok untuk Anda konsumsi bila kulit Anda kering, dan mencegah kulit jadi kering. 

18. Toner alami


Zat alami yang terdapat pada buah semangka bisa membuat kulit Anda jadi segar. Caranya iris buah kelapa, campurkan dengan sedikit madu lalu pijat dikulit Anda dengan lembut. Untuk mengolesnya pada wajah dan leher, Anda bisa membuat jus semangkanya dulu.

19. Mengurangi minyak berlebih


Buah semangka ternyata dapat mengurangi minyak berlebih pada kulit, serta dapat meremajakan kulit. Anda bisa membuat jus dulu semangkannya, lalu bisa mengaplikasikannya ke wajah sebagai jus.

20. Obat alami jerawat


Bila kulit wajah Anda berjerawat, Anda bisa memijat jus buah semangka di kulit wajah Anda setiap hari, maka jerawat Anda akan berkurang serta wajah terlihat bersih dan segar.

Efek dan Bahaya Semangka


Makanan yang sehat bila dikonsumsi secara banyak atau berlebihan pasti tidak akan sehat lagi, dan akan berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda, begitu juga dengan buah semangka ini. Walaupun memiliki segudang manfaat alami bagi kesehatan di atas, ternyata mengkonsumsi buah semangka secara berlebihan justru buruk bagi kesehatan tubuh Anda.
Kandungan lycopene atau kalium yang tinggi pada buah semangka bila terlalu banyak masuk kedalam tubuh bisa menyebabkan mual, diare, gangguan pencernaan dan perut jadi kembung serta bahaya juga bagi ginjal.

Darah rendah

Bahaya semangka lainnya darah rendah. Bila Anda memiliki tekanan darah rendah, makan Anda wajib menghindari mengkonsumsi buah semangka. Bila tekanan darah Anda turun, Anda akan merasakan pusing, lemas, dan kram pada leher serta kesemutan.

Itulah 20 manfaat buah semangka bagi kesehatan dan manfaat buah semangka bagi kecantikan tubuh yang patut Anda ketahui. Jangan ragu untuk mengkonsumsi buah yang kaya akan air dan serta ini karena sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh seperti yang dijelaskan diatas.

Lihat juga:

Namun Anda jangan berlebihan mengkonsumsinya. Makan lah secara wajah, maka manfaat kesehatan akan Anda peroleh. Terimakasih dan semoga bermanfaat!