20 Manfaat Minyak Wijen Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Sebelum membahas tentang manfaat minyak wijen bagi kesehatan dan kecantikan tubuh Anda, sebaiknya Anda mengetahui juga sedikit penjelasan tentang minyak wijen, karena masih banyak juga yang belum tau apa itu minyak wijen, bahkan ada juga yang tidak pernah mendengar kata wijen. Nah minyak wijen adalah minyak yang dihasilkan dari biji wijen yang telah melewati proses ekstrak atau di sangrai.

Diluar negeri sana, minyak wijen sering digunakan untuk memasak berbagai jenis masakan. Contohnya negara Jepang, dan Korea. Mereka percaya memasak masakan menggunakan minyak wijen akan membuat masakan mereka enak, dan mengeluarkan aroma yang sedap. Umumnya mereka lebih sering memakai minyak wijen ini di masakan oriental.

Kalau orang Cina lebih sering memanfaatkan minyak wijen ini sebagai penyedap masakan. Lain lagi di India, minyak wijen malah digunakan sebagai obat pijat.

Manfaat minyak wijen

Kandungan Minyak Wijen


Dalam minyak wijen ternyata mengandung mineral dan vitamin yang tinggi bagi kesehatan tubuh. Berikut kandungannya:
  • Vitamin E
  • Vitamin K
  • Vitamin B6
  • Fosfor
  • Tembaga
  • Klasium
  • Zinc
  • Magnesium
  • Sesamol
  • Asam Lemak Omega-3
  • Phytosterol
Manfaat minyak wijen memang sudah dari zaman dahulu dipercaya dapat mencegah dan mengatasi berbagai gangguan kesehatan pada tubuh. Berikut manfaat minyak wijen untuk kesehatan dan kecantikan tubuh.

Manfaat Minyak Wijen Untuk Kesehatan


1. Memasak dengan menggunakan minyak wijen


Segera ganti minyak goreng atau minyak memasak Anda dengan minyak wijen ini. Memasak dengan menggunakan minyak wijen ternyata dapat mencegah penyumbatan pembulu darah. Jadi akan membuat jantung Anda jadi sehat, dan Anda akan terhindar dari ancaman penyakit jantung.

Lihat juga:

2. Menurunkan tekanan darah tinggi


Bila Anda terkena tekanan darah tinggi, mengkonsumsi minyak wijen ternyata dapat menurunkan tekanan darah tinggi karena pada minyak wijen terdapat kandungan sesamin dan sesamol. Sesamin dan sesamol ini adalah lemak baik yang terdapat pada minyak wijen. Hal tersebut dapat mengobati dan menurunkan resiko akan penyakit diabetes.

3. Menurunkan kolesterol


Anda memiliki kolesterol tinggi? Mengkonsumsi minyak wijen ternyata dapat menurunkan kadar kolesterol. Minyak wijen banyak mengandung lemak baik, sehingga bila Anda rutin konsumsi minyak wijen akan mengurangi lemak tak baik di tubuh Anda. Tapi konsumsinya jangan terlalu banyak juga ya, Anda bisa memasukkan minyak wijen ini sedikit pada saat menumis masakan, makan dengan salad.

4. Melindungi jantung agar tetap sehat


Selain menurunkan tekanan gula darah, minyak wijen juga dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat di dalam tubuh Anda. Hal tersebut karena kandungan asam lemak tak jenuh yang terdapat pada minyak wijen yang sangat lengkap. Selain itu, minyak wijen juga kaya akan lesitin yang ternyata bermanfaat untuk mencegah pembekuan darah.

5. Meningkatkan fleksibilitas sendi


Tahukah Anda bahwa minyak wijen kaya akan kalsium dan magnesium? Dua jenis mineral ini mampu membantu wanita terhindar dari masalah arthritis dan osteoporosis. Jadi tulang Anda akan kuat dan terbebas dari tulang keropos.

6. Mengobati diabetes


Kandungan magnesium pada minyak wijen dapat melindungi kebutuhan insulin. Jadi bagus untuk Anda konsumsi yang mengidap penyakit diabetes.

7. Baik bagi usus


Manfaat minyak wijen untuk kesehatan lainnya adalah untuk usus. Mengkonsumsi minyak wijen dapat membuat usus jadi sehat. Apalagi bila Anda mengalami masalah dengan pencernaan, jadi selain membuat usus sehat, sistem pencernaan Anda akan sehat juga, BAB jadi lancar serta jarang terjadi sembelit lagi.

8. Rongga mulut


Minyak wijen dapat menjaga kesehatan rongga mulut Anda. Minyak wijen akan membantu melawan kuman pembentuk plak atau karang gigi, sehingga membuat mulut Anda tetap higienis dan bebas dari kuman.

9. Anti bakteri


Bila kulit Anda terluka dan berdarah, membersihkan kulit yang terluka Anda dengan minyak wijen ternyata dapat membersihkan bakteri yang ada pada kulit Anda. 

10. Mencegah kanker


Kandungan mineral alami yang terdapat pada minyak wijen ternyata dapat mencegah penyakit kanker dan menghambat bekerja sel pembentukan kanker.

Lihat juga:

11. Menjaga kesehatan mata


Tidak hanya memakan wortel saja, minyak wijen juga mengandung vitamin A, yang berarti mencegah berbagai penyakit pada mata dan menjaga kesehatan mata Anda.

12. Mengobati flu


Bila Anda sedang dilanda flu, Anda dapat menghirup minyak wijen, karena dengan menghirup minyak wijen, flu Anda akan terobati, serta sesak di dada akan hilang.

Manfaat Minyak Wijen Untuk Kecantikan


Tidak hanya untuk kesehatan tubuh saja khasiat minyak wijen, ternyata minyak wijen memiliki khasiat membuat Anda cantik. Berikut manfaat minyak wijen untuk kecantikan tubuh:

13. Mencegah penuaan pada kulit


Dengan kandungan zat anti oksidan dan vitamin E yang banyak pada minyak wijen, pasti sangat bermanfaat bagi kulit Anda, dan dapat mencegah penuaan pada kulit. Cara menggunakan adalah dengan mengoles minyak wijen pada kulit Anda dan pijat selama 3-6 menit setiap hari, dan dapatkan manfaatnya.

Lakukan cara di atas teratur tiap hari untuk mengencangkan pori-pori. Selain itu, minyak wijen juga kaya akan sifat anti inflamasi yang bermanfaat untuk mengurangi infeksi pada kulit.

14. Meremajakan kulit


Untuk menghilangkan kulit kusam dan membuat kulit cerah bercahaya, Anda bisa mengoles minyak wijen di kulit Anda. Kandungan antioksidan yang tinggi dan vitamin K pada minyak wijen dapat menghilangkan kulit kusam dan membuat kulit tampak bercahaya.

15. Menutrisi kulit


Oleskan minyak wijen sertiap hari pada kulit Anda, dan dapatkan kulit yang sehat.

16. Menjaga kelembaban kulit


Untuk menjaga kelembaban kulit, Anda dapat mengoles minyak wijen. Minyak wijen dapat dioleh pada kulit wajah, tangan, kaki, dan badan Anda. Minyak wijen juga dapat membuat bagian siku, telapak kaki, dan dan lutut Anda yang kering jadi lembut.

17. Menghilangkan jerawat


Antioksidan yang terdapat pada minyak wijen ternyata dapat membunuh bakteri penyebab jerawat pada wajah Anda. Anda bisa mengoles minyak wijen ini pada kulit wajah Anda, dan jangan lupa untuk memijatnya.

18. Memperbesar payudara


Manfaat minyak wijen untuk payudara adalah dapat memperbesar payudara. Bila ukuran payudara Anda kecil, memijat payudara dengan minyak wijen ternyata dapat memperbesar ukuran payudara Anda.

Manfaat Minyak Wijen untuk Rambut


Selain manfaat minyak wijen untuk kulit, ternyata minyak wijen memiliki banyak manfaat bagi rambut, dan mengatasi berbagai permasalahan yang ada di rambut, seperti:

19. Menghitamkan rambut


Bila Anda sering berada dibawah sinar matahari pasti membuat rambut Anda tampak kusam, menggunakan minyak wijen ternyata dapat membuat rambut Anda hitam dan tidak tampak kusam lagi serta melindungi rambut dari sinar UV.

20. Menghilangkan ketombe


Sering sebel dengan kulit kepala gatal karena ketombe dan sudah menggunakan berbagai macam shampo tapi ketombe belum hilang? Kenapa tak menggunakan minyak wijen saja, karena minyak wijen juga bermanfaat untuk menghilangkan ketombe. Anda bisa mengoles minyak wijen ke kulit kepala Anda, pijat ringan, diamkan beberapa saat, lalu cuci bersih dengan shampo.

Manfaat minyak wijen untuk bayi


Minyak wijen ternyata juga bermanfaat bagi bayi. Anda bisa mengoleskan minyak wijen ini ketubuh bayi, dan memijatnya secara lembut. Memijat bayi dengan minyak wijen dapat membatu petumbuhan bayi dan tidur nyenyak. Selain itu Anda dapat menambahkan minyak wijen ke makanan bayi, lemak yang baik pada minyak wijen bagus bagi pertumbuhan bayi Anda.

Dimana memperoleh minyak wijen?

Sangat mudah dan tidak terlalu sulit untuk memperoleh minyak ini. Minyak wijen bisa didapatkan di pasar, di swalayan, dan supermarket.

Lihat juga:

Itulah 20 manfaat minyak wijen bagi kesehatan dan juga kecantikan tubuh. Jadi jangan ragu lagi untuk mencoba manfaat luar biasa dari minyak wijen ini. Yuk mulai sekarang ganti bahan-bahan tak sehat yang Anda gunakan sehari-hari agar tubuh Anda lebih bernutrisi dan sehat. Semoga artikel manfaat minyak wijen ini dapat bermanfaat bagi Anda. Terimakasih!