20 Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami Terbukti Manjur

Cara mengobati sakit gigi secara alami - Salah satu jenis gangguan kesehatan yang sangat menderita dan sakitnya minta ampun adalah sakit gigi. Gigi yang sakit rasanya akan sangat menyiksa dan mengganggu aktivitas Anda. Selain aktivitas kerja Anda terganggu, dengan sakit gigi pasti Anda tak bisa makan terutama sakit gigi karena berlubang. Duh..


Penyebab sakit gigi umumnya terjadi karena ada masalah pada rahang gigi. Kalau di Indonesia sendiri, umumnya penyebab sakit gigi karena gigi berlubang, pemakaian kawat gigi, jarang menggosok gigi saat tidur, sering makan coklat atau makanan yang manis, dan karena susunan gigi yang tidak teratur.

Nah sakit gigi hampir semua orang pernah merasakan, jadi Anda mungkin sudah merasakan bagaimana rasanya sakit gigi. Untuk cara mengobati sakit gigi atau obat sakit gigi adalah dengan cara memeriksa gigi langsung ke dokter.

Cara mengobati sakit gigi

Namun bila Anda malas pergi ke dokter gigi untuk menghilangkan sakit gigi Anda bisa mengobatinya dirumah dulu kok. Siapa tau dengan mengobati sendiri dirumah dengan cara dan bahan alami sakit gigi Anda dapat berhenti sebelum Anda memutuskan pergi ke dokter untuk memeriksa kesehatan gigi Anda lebih lanjut.

Cara ini pasti dapat mengobati dan menghilangkan sakit gigi Anda dan sangat mujarab. Berikut cara mengobati sakit gigi secara alami terbukti mujarab dan tanpa menggunakan obat di pasar.

Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami


Gigi baru berlubang


Penyebab gigi berlubang umumnya terjadi karena kurang membersihkan mulut atau gigi. Saat makan yang manis-manis bila tidak dibersihkan pasti akan menyebabkan gigi cepat berlibang. Cara mengobati sakit gigi berlubang paling ampuh caranya sebagai berikut:
  • Gosok gigi terlebih dahulu
  • Berkumur dengan air hangat beberapa kali yang sudah dicampur dengan garam
  • Berkumur dan tahan beberapa saat, lalu buang airnya
Garam berfungsi untuk mengangkat sisa kotoran yang tersangkut di gigi, serta dapat menghilangkan nyeri di gusi karena iritasi disebabkan oleh kuman dan bakteri.

Lihat juga:
Manfaat minyak wijen bagi kesehatan dan kecantikan
Obat luka bakar alami
Manfaat serat bagi kesehatan tubuh
Cara mengecilkan perut dengan cepat

Gigi berlubang


Seperti yang disebutkan di atas, gigi berlubang disebabkan oleh sisa makanan yang mengandung gula yang menempel disela-sela gigi, ditambah lagi saat mau tidur Anda tidak menggosok gigi dan membiarkan sisa makanan menempel di gigi Anda.

Makanan yang bergula sangat mudah untuk membusuk, dan akan menghasilkan mikro organsime yang dapat merusak gigi dan melubangi gigi.

Cara mengobati sakit gigi berlubang adalah:
  • Ambil bawang putih, lalu hancurkan sampai halus
  • Oles secara perlahan dan taruh pada lubang gigi
  • Lakukan setiap hari sekitar 10 menit sampai nyeri sakit gigi nya hilang
  • Lakukan cara ini setelah menggosok gigi pada pagi hari dan saat mau tidur
Bawang putih memang dari dulu dipercaya memiliki kandungan antiseptik dan antibiotik yang dapat membubuh bakteri pada gigi serta dapat menghilangkan rasa nyeri pada gigi berlubang

Obat Tradisional Mengobati Sakit Gigi Lainnya


1. Pijat gusi


Selain cara menghilangkan sakit gigi pada gigi berlubang dan gigi baru berlubang di atas, cara lainnya adalah dengan cara memijat pada gusi. Memijat gusi ternyata juga dapat meredakan sakit gigi, Anda bisa memijatnya dengan menggunakan ujung jari. Memijat gusi dapat juga melancarkan aliran darah pada gigi yang sakit. Namun sebaiknya cara ini dihindari dan tidak dilakukan jika sakit gigi disertai dengan pembengkakan pada gusi.

2. Kantung es


Cara berikutnya menghilangkan sakit gigi adalah dengan cara menempelkan kantung yang berisi es pada bagian gigi yang sakit. Rasa dingin yang ada pada es dapat meredakan rasa ngilu pada gigi yang sakti. Serta cara ini juga dapat menghilangkan nyeri pada gigi dan bahkan tidak akan terasa lagi.

3. Campuran baking powder


Selain dengan es, cara mengobati sakit gigi lainnya bisa dengan baking soda. Menggunakan pasta baking soda adalah cara alternatif. Caranya adalah dengan mengcampurkan baking soda powder dengan air, sehingga berbentuk seperti pasta, namun jangan terlalu encer. Kemudian segera oleskan pada gusi dan gigi yang sakit. Campuran tersebut akan membunuh bakteri dan meredakan sakit gigi. Anda juga bisa mencampurkan ini pada pasta gigi.

4. Berkumur dengan air garam


Berkumur dengan air garam ternyata sudah dari dahulu dilakukan untuk menghilangkan rasa sakit gigi. Garam memang bersifat disinfektan dan bisa mencegah terjadinya infeksi pada gigi yang sakit. Caranya sangat mudah untuk Anda lakukan, yaitu dengan mengcampurkan garam dengan air hangat, lalu berkumur-kumur. Lakukan cara alternatif ini untuk menghilangkan sakit gigi.

5. Campuran garam dan lemon


Selain itu, cara mengobati sakit gigi secara alami lainnya adalah dengan campuran garam dan lemon. Campurkan garam dengan satu sendok jus lemon, kemudian letakkan pada daerah yang sakit. Campuran ini bisa jadi terlalu keras untuk Anda. Jika tak suka dengan ini, Anda bisa berkumur dengan jus lemon yang dicampur air hangat. Lemon dan garam adalah obat sakit gigi yang paling ampuh, dan dengan segera dapat menghilangkan sakit gigi.

6. Tea tree oil


Tea tree oil bisa membantu meredakan sakit gigi. Caranya, teteskan tea tree oil pada kapas, kemudian letakkan pada gigi yang sakit. Anda juga bisa mencampurkan minyak pohon teh dengan air hangat kemudian berkumur dengannya. Dengan cara ini, pasti dapat meredakan rasa sakit gigi.


7. Kantung teh


Kandungan asam tannic yang terdapat pada teh ternyata dapat menghilangkan rasa sakit gigi dan menghentikan peradangan pada gusi dan gigi. Cara menggunakannya sangat gampang, yaitu dengan cara menghangatkan kantung teh tersebut dengan air hangat selam beberapa saat, lalu taruh pada bagian yang sakit.

8. Lemon


Lemon adalah cara alami menghilangkan sakit gigi yang banyak dilakukan orang. Kandungan asam pada buah lemon dapat membasmi bakteri penyebab sakit gigi. Caranya cukup mudah, Anda cukup peras 1 buah lemon kedalam gelas yang berisi air hangat. Kumur lah dengan air ini sehari 3 kali supaya bakteri penyebab sakit gigi hilang.

9. Jeruk nipis


Sama seperti dengan buah lemon di atas, jeruk nipis juga dapat membasmi bakteri di dalam mulut dan menghilangkan rasa nyeri pada gigi. Caranya cukup mudah, peras dua buah jeruk nipis kedalam satu gelas air hangat, lalu berkumur lah dengan air perasan jeruk nipis tersebut sehari 3 kali.

10. Belimbing wuluh


Belimbing wuluh hampir sama dengan buah lemon dan jeruk nipis yang sama-sama memiliki rasa asam. Nah rasa asam pada belimbing wuluh ini ternyata dapat digunakan untuk membasmi bakteri penyebab sakit gigi. Caranya cukup siapkan dua buah belimbing wuluh yang masih muda, lalu tumbuk hingga halus, selanjutnya oleskan pada gigi yang sakit.

Lihat juga:
Manfaat air putih bagi tubuh
Obat herbal darah tinggi yang ampuh
Cara menurunkan berat badan dengan cepat
Manfaat lari pagi bagi tubuh

11. Daun jambu  biji


Ternyata daun dari buah jambu biji ini dapat menghilangkan sakit gigi juga. Daun jambu biji sangat berguna sebagai antibakteri yang dapat membuat mulut tetap sehat. Anda cukup mengunyah daun jambu biji ini atau merebus daun nya dan digunakan untuk berkumur.

12. Daun sirih


Daun sirih memang sudah menjadi resep nenek moyang dan tidak perlu diragukan lagi untuk mengobati sakti gigi, karena sudah dari zaman dahulu daun sirih banyak digunakan untuk mengobati sakit gigi. Daun sirih bermanfaat membuat gigi jadi kuat, menghentikan pendarahan pada gusi, menghilangkan baut mulut, serta sebagai aktiseptik alami.

Cara mengobati sakit gigi dengan daun sirih cukup mudah, Anda bisa mengunyah nya langsung atau merebus daunnya dan berkumur.

13. Bawang merah


Bumbu dapur ini ternyata dapat membunuh kuman penyebab sakit gigi juga dengan kandungan antiseptik alami yang terdapat didalamnya. Caranya cukup mudah, Anda cukup menumbuk halus satu siung bawang merah, dan jangan lupa kasih garam seperempat, lalu taruh pada gigi yang sakit.

14. Bawah putih


Tidak hanya bawang merah, bawang putih pun ampuh mengobati sakit gigi dengan antiseptik yang terkandung di dalamnya. Caranya sama dengan menggunakan bawang merah di atas, yaitu ambi satu siung bawah putih, kasih garam seperempatnya, lalu tumbuk sampai halus. Selanjutnya taruh dan tempel pada bagian gigi yang sakit.

15. Asam jawa


Anda suka makan buah asam jawa? Nah buah yang memiliki rasa asam dan mudah dijumpai di jalanan ini bisa menyembuhkan nyeri sakit gigi juga. Caranya adalah dengan menyangrai biji asam jawa lalu tempelkan pada gigi yang sakit.

16. Cengkeh


Bahan alami lainnya yang bisa menyembuhkan sakit gigi adalah cengkeh. Caranyapun cukup mudah, Anda perlu menumbuk halus, lalu tempelkan pada bagian gigi yang sakit.

17. Merica


Merica ternyata mengandung antibakteri, anti-inflamasi, dan analgesik properti yang bisa mengobati sakit gigi. Caranya cukup campur merica dengan sedikit garam, tuangkan sedikit air sehingga berbentuk pasta, lalu tampelkan pada bagian gigi yang sakit.

18. Serai


Serai juga dapat Anda coba untuk mengobati sakit gigi secara alami dan cepat. Caranya mudah, cukup rebus 2 tangkai serai dengan satu gelas air, lalu berkumurlah dengan air tersebut. Serai selain dapat mengobati sakit gigi, serai juga dapat menghilangkan gusi yang bengkak karena sakit gigi.

19. Jahe


Bumbu dapur selanjutnya yang bisa menghilangkan sakit gigi adalah jahe. Jahe memiliki kandungan antibakteri yang dapat membasmi bakteri penyebab sakit gigi pada mulut. Parutlah satu buah jahe, lalu peras airnya. Nah air perasan tersebut bisa Anda gunakan untuk berkumur.

20. Getah jarak


Yang terakhir cara mengobati sakit gigi secara alami adalah dengan menggunakan gerah jarak. Getah jarak mengandung antiseptic, antibakteri, dan antibiotik yang tinggi. Caranya cukup mudah, cukup meneteskan getah jarak pada gigi yang sakit.

Tips cara mencegah agar tak sakit gigi lagi dan menjaga kesehatan gigi dan  mulut
  • Menggosok gigi sehari dua kali secara teratur, yaitu saat pagi hari dan sebelum tidur
  • Gosoklah gigi secara perlahan dengan arah yang benar
  • Pilih sikat gigi yang lembut, yang bulu nya bisa menjangkau keseluruh bagian mulut
  • Jangan sering mengkonsumsi makanan panas dan dingin
  • Berhenti merokok
  • Berhenti minum minuman bersoda dan manis
  • Jangan membersihkan sisa makanan dengan jarum atau benda lainnya
  • Sehabis makan cukup berkumur saja untuk membersihkan sisa makanan yang menempel di gigi
  • Jangan lupa untuk periksa gigi kedokter setiap 6 bulan sekali
Lihat juga:
Cara menghilangkan bau mulut secara alami
Cara menghilangkan perut kembung secara alami
Bahaya kafein bagi kesehatan tubuh
Cara membersihkan paru-paru dari nikotin

Itulah 6 cara mengobati sakit gigi dengan cara alami. Bila cara di atas sudah Anda lakukan dan sakti gigi tidak kunjung hilang atau reda, sebaiknya periksa ke dokter untuk mengobatinya. Karena dokter dapat mengetahui masalah apa yang ada pada gusi dan gigi Anda. Baca juga artikel tips cara alami menurunkan berat badan dengan cepat. Semoga bermanfaat!