20 Makanan Penambah Berat Badan Dengan Cepat Dan Ampuh

Makanan penambah berat badan yang sudah Anda konsumsi tapi belum mampu menaikkan berat badan Anda? Ada yang salah berarti dalam makanan menambah berat badan yang Anda makan. Bila Anda salah mengkonsumsi makanan penambah berat badan, badan Anda bukannya berisi, malah Anda menimbun lemak di tubuh, seperti perut Anda jadi buncit dan pipi Anda jadi tembem. Nah jelek banget kan?


Maka dari itu Anda patut mengetahui apa saja makanan sehat yang dapat menaikkan berat badan secara alami cepat dan ampuh. Kenapa harus makan makanan alami? Karena makanan alami tidak akan membuat badan Anda berisi dan tidak bikin badan Anda gemuk seperti orang obesitas.

Apakah tubuh Anda sangat kurus atau istilahnya kerempeng? Bila iya, sebelum membahas makanan apa saya yang harus Anda konsumsi untuk menambah berat badan secara sehat Anda patut mengetahui dulu apa penyebab tubuh kurus dan sulit naik berat badan.

Penyebab Badan Kurus Dan Susah Gemuk


Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab berat badan kurus dan sulit untuk gemuk:

1. Masalah psikologis


Banyak orang yang memiliki masalah dengan psikologis dan membuat berat badan mereka tetap kurus, bahkan semakin kurus. Masalah psikologis yang sering melanda seseorang itu adalah karena gangguan anoreksia. Ini jenis gangguan yang membuat orang tersebut memutuskan untuk makan makanan sedikit saja. Hal ini disebabkan orang tersebut ingin berat badan nya tetap langsing, jadi nutrisi yang dibutuhkan tubuh tidak tersalurkan.

Lihat juga:
Cara menghilangkan bau mulut secara alami
Cara mengatasi perut kembung secara alami
Cara mengobati sakit gigi secara alami
Cara menghilangkan bau badan secara alami

2. Salah pilih makanan


Salah memilih menu makanan adalah penyebab berat badan kurus. Biasanya orang tersebut lebih cenderung makan makanan yang kandungan gizi nya tidak ada, jadi akan sulit menambah berat badan.

3. Tidak ada nafsu makan


Bila Anda malas makan, maka berat badan Anda tidak akan bertambah jadi semakin kurus. Bila seseorang malas makan, makan nutrisi yang dibutuhkan tubuh tidak tersalurkan, jadi tubuh makin kurus.

4. Diare


Diare atau gangguan kesehatan pada tubuh bisa menyebabkan berat badan susah baik, dan membuat tubuh jadi kurus. Karena nutrisi yang dibutuhkan tubuh tidak terserat sesuai yang diminta oleh tubuh.

5. Banyak bekerja


Terlalu banyak beraktivitas tanpa istirahat bisa membuat berat badan nya kurus dan sulit gemuk. Biasanya orang tersebut lebih banyak melakukan pekerjaan dari pada mengkonsumsi makanan yang dibutuhkan tubuh.

6. Makan tidak teratur


Pola makan yang tidak teratur bisa membuat tubuh kurus. Contohnya hari ini sarapan jam 7 pagi, besok jam 8, pagi, lusa nya lagi jam 10 pagi, atau tidak sarapan pagi sama sekali. Bila tidak teratur begini pola makan Anda, maka tubuh jadi kurus.

7. Gangguan hormon


Banyak orang yang mengalami gangguan hormon, seperti hormon hipertiroid. Gangguan hormon ini akan membuat badan orang sulit gemuk.

8. Faktor keturunan


Selain beberapa masalah penyebab berat badan kurus di atas, ternyata faktor gen atau keturunan juga menjadi penyebab berat badan Anda sulit baik. Bila salah satu anggota keluarga Anda, misal ayah, ibu, atau kakek Anda badannya juga kurus, makan kemungkinan juga penyebab berat badan Anda kurus adalah faktor keturunan. Faktor keturunan ini memang agak sulit untuk menaikkan berat badan.

Nah sudah tau kan apa saja faktor dan penyebab badan sulit gemuk. Selanjutnya adalah makanan penambah berat badan alami yang efektif menambah berat banda Anda secara alami dan cepat. Berikut makanan menambah berat badan:


makanan menambah berat badan

Makanan Penambah Berat Badan


1. Ikan salmon


Tips cara alami dan resep pertama untuk menaikkan berat badan secara cepat dan alami adalah Ikan Salmon. Ikan Salmon adalah ikan yang mampu hidup di air tawar dan air laut (asin). Ikan salmon sering migrasi hidup, dari air tawar ke air laut dan sebaliknya.

Untuk menambahkan berat badan, konsumsi 2 porsi ikan salmon setiap hari. Kandungan protein yang tinggi pada salmon akan meningkatkan pula kandungan protein pada tubuh Anda, dan akan cepat menaikkan berat badan Anda.

Lihat juga:
Manfaat air putih bagi kesehatan tubuh
Manfaat daun pisang bagi kesehatan
Manfaat susu kambing untuk kesehatan
Manfaat air tebu bagi kesehatan tubuh

2. Selai kacang


Selain kacang adalah selai yang terbuat dari kacang tanah yang telah disangrai. Setelah dicampur dengan gula dan dan garam, lalu dihaluskan dan jadilah selai kacang. Selai kacang mengandung 192 kalori dan protein yang tinggi, jadi sangat cepat membuat berat badan Anda naik.

3. Telur


Makanan penambah berat badan lainnya adalah telur. Telur adalah makanan pokok yang sangat populer di Indonesia. Protein yang tinggi, vitamin A, B, dan E yang terdapat pada telur dapat menaikkan berat badan dengan cepat. Caranya rebus telur terlebih dahulu dan konsumsi secara utuh sehari satu telur. Selain itu Anda harus mengetahui juga manfaat mengkonsumsi telur secara mentah bagi kesehatan tubuh.

4. Granola


Untuk menaikkan berat badan secara cepat, granola adalah pilihan yang tepat. Granola mengandung 500 kalori dan nutrisi yang banyak, jadi sangat ampuh menaikkan berat badan Anda secara ideal.

5. Mentega


Mentega adalah makanan yang terbuat dari susu. Mengkonsumsi mentega adalah cara efektif menambah berat badan. Tapi jangan mengkonsumsi secara banyak, karena dapat berakibat buruk pada jantung Anda.

6. Ikan tuna


Ikan yang memiliki daging berwarna merah dan merah tua ini dan yang memiliki kecepatan berenang 77 km/jam ini juga dapat menaikkan berat badan Anda. Asam lemak yang terdapat pada ikan tuna sangat bermanfaat menambah berat badan dan menyehatkan bagi tubuh Anda.

7. Keju


Selain ikan tuna, keju merupakan makanan penambah berat badan. Keju adalah makanan yang terbuat dari susu yang telah dikentalkan. Satu porsi keju cheddar mengandung 69 kalori. Keju adalah susu yang terkonsentrasi sehingga sangat tinggi akan protein, kalsium, lemak, dan kalori. Mengkonsumsi keju akan sangat cepat menaikkan berat badan Anda.

8. Jus buah


Jus buah sangat segar bila diminum saat cuaca panas. Bila Anda ingin menaikkan berat badan, tak salahnya mencoba meminum jus buah. Selain dapat menaikkan berat badan, jus buah dapat membuat badan sehat dan bugar.

9. Pasta


Pasta adalah makanan yang terbuat dari campuran tepung terigu, air, telur, dan garam. Kesemua bahan tersebut akan di jadikan adonan, lalu dibuat beberapa ukuran. Pasta lebih sering digunakan pada masakan Italia.

Kandungan karbohidrat yang tinggi dan serat yang cukup pada pasta ternyata dapat membuat berat badan naik dan pencernaan Anda akan sehat.

10. Udang


Udang adalah binatang yang dapat hidup dimana-mana, bisa dilaut, sungai, maupun di danau. Kandungan nutrisi dan asam yang tinggi pada udang ternyata dapat menaikkan bera badan Anda dengan cepat dan sehat. Tak ada salahnya udang dimasukkan juga ke dalam daftar belanjaan Anda.

11. Buah-buahan kering


Buah-buahan kering adalah buah yang dikeringkan atau dijemur dibawah sinar matahari atau memakai alat khusus, tetapi tetap mempertahankan rasa dan aromanya. Buah-buahan yang kering selain gampang dikonsumsi, ternyata dapat menambah berat badan juga.

12. Oatmeal


Kandungan serat dan nutrisi yang tinggi pada oatmeal ternyata dapat menambah berat badan. Mulailah hari-hari Anda untuk mengkonsumsi oatmeal untuk menaikkan berat badan.

13. Yoghurt


Yoghurt adalah susu yang terbuat dari fermentasi bakteri, fermentasi susu tersebut akan menghasilkan asam laktat yang berfungsi dalam protein susu supaya menghasilkan tekstur seperti gel dan aroma unik pada yoghurt. Kandungan kalori yang besar pada yoghurt yaitu 118 kalori, sehingga dapat menaikkan berat badan dan membuat Anda tetap sehat.

14. Minyak zaitun


Minyak zaitun adalah minyak yang terbuat dai buah zaitun. Minyak yang banyak fungsinya ini dapat membuat berat badan bertambah, karena lemak yang terdapat adalah lemak tak jenuh.

15. Pisang


Buah yang umumnya berwarna kuning ini pasti sangat mudah bagi Anda untuk mendapatkannya. Satu buah pisang mengandung sekitar 100 kalori. Nah, tidak hanya kaya akan karbohidrat, pisang juga bagus untuk Anda konsumsi sebelum Anda berolahraga, jadi akan meningkatkan stamina dan tenaga Anda.

16. Buncis


Polong-polongan yang kaya protein ini ternyata dapat menaikkan berat badan Anda. Selain itu, buncis juga dapat menurunkan tekanan darah dan mengawal metabolisme gula dalam darah, jadi sangat bermanfaat bagi penderita diabetes.

17. Dada ayam


Salah satu bagian tubuh dari ayam yang sangat minim terdapat lemak adalah dada, satu potong dada ayam sudah terdapat 78 kalori, jadi sangat cocok untuk menambah berat badan Anda.

18. Kentang


Tanaman jenis umbi-umbian ini kaya akan karbohidrat sehat. Jadi sangat bagus untuk menaikkan berat badan Anda.

19. Kacang kedelai


Kacang kedelai adalah salah satu bahan pembuat tahu dan tempe. Kedua jenis makanan tersebut sangat populer di Indonesia. Kandungan kalsium, zat besi, vitamin B, dan serat yang tinggi pada kedelai tidak hanya membuat tubuh jadi sehat, tetapi dapat menambah berat badan.

Lihat juga:

20. Daging merah


Untuk cara cepat menaikkan berat badan, maka jangan ketinggalan untuk mengkonsumsi daging merah. Daging merah banyak mengandung protein dan zat besi, jadi sangat ampun menaikkan berat badan Anda.

Lihat juga Tips Cara Menaikkan Berat Badan


Itulah 20 makanan penambah berat badan dengan cepat dan alami. Konsumsi makanan diatas juga dapat membuat tubuh sehat dan fit. Jadi catat dan masukkan ke dalam daftar belanjaaan Anda. Semoga bermanfaat.