20 Manfaat Buah Strawberry Untuk Kesehatan Tubuh

Penasaran dengan manfaat buah strawberry? Buah yang cantik ini kalau dalam bahasa Indonesia adalah stroberi, tapi sangat populer di ucapkan dengan nama strawberry. Buah strawberry bila masak akan berwarna merah muda, dan bentuknya sangat cantik. Jadi tak heran kalau buah strawberry harganya sedikit lebih mahal.

Faktor yang membuat buah strawberry mahal adalah sangat sedikit petani yang membudidayakannya, serta cara menanamnya juga sedikit susah. Kalau di Indonesia hanya di kawasan daratan tinggi dan bersuhu dingin saja yang bisa tumbuh subur buah berbintik khas ini.

Patut diketahui juga buah yang rasanya manis dan agak asam ini pertama kali ditemukan di Amerika, dan menyebar ke berbagai negara di dunia, serta masuk ke Indonesia. Strawberry tidak hanya berbentuk imut dan cantik, tapi buah ini banyak mengandung nutrisi yang penting bagi kesehatan tubuh. Selain itu strawberry juga berkhasiat bagi perawatan badan, kulit, gigi, rambut, bahkan untuk ibu hamil.

Kandungan Nutrisi Buah Strawberry


Harganya yang sedikit lebih mahal karena tidak mudah tumbuh di Indonesia tidak akan membuat Anda rugi setelah membelinya, karena pada buah strawberry ini banyak sekali terdapat nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan dan membuat tubuh Anda bugar, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, kalsium, magnesium, sodium, potasium, seng, besi, asam folat, beta karoten, vitamin E, vitamin K serta ant-oksidan.

Manfaat strawberry

Banyak sekali ternyata kandungan yang terdapat pada buah strawberry. Masih ragu untuk tidak membeli buah cantik ini setelah mengetahui manfaat strawberry di bawah ini? Nah ini dia manfaat buah strawberry untuk kesehatan dan kecantikan tubuh:

Manfaat Buah Strawberry Bagi Kesehatan


1. Meningkatkan kekebalan tubuh


Kekebalan tubuh sangatlah penting, selain tidak mudah terserang penyakit, tubuh yang kebal akan membuat badan Anda sehat. Kandungan vitamin C yang ada pada buah strawberry terkenal sangat bagus jika dibandingkan dengan buah lain. Jadi, konsumsi beberapa buah strawberry setiap hari sudah cukup membuat tubuh melawan penyakit.

Selain itu, antioksidan dalam strawberry berbeda dengan buah lain karena antioksidan dalam strawberry bekerja lebih cepat dan sudah siap dalam aliran darah.

Lihat juga:
Manfaat madu bagi kesehatan

2. Menjaga kesehatan mata


Vitamin C yang terdapat pada strawberry juga bermanfaat bagi mata, yaitu dapat membuat mata awet sampai tua. Itu artinya sering mengkonsumsi strawberry, kemungkinan kehilangan kemanpuan mata untuk melihat di waktu tua minim.

3. Menangkal kanker


Selain vitamin C, strawberry juga mempunyai antioksidan yang bermanfaat mencegah kanker. Zat kimia bernama ellagic acid yang ditemukan dalam strawberry disebut sebagai zat anti kanker yang bisa menekan pertumbuhan sel kanker. Selain itu, zat antioksidan lain seperti lutein dan zeathancins juga bisa menangkal radikal bebas dan melindungi kesehatan sel.

4. Melawan kolesterol jahat


Strawberry sangat cocok bagi Anda yang ingin menghilangkan kolesterol di dalam tubuh dan juga yang lagi melakukan program diet. Zat yang bermanfaat pada strawberry mampu menurunkan kolesterol jahat pada tubuh, serta dapat menjaga jantung agar tetap sehat.

5. Mengurangi peradangan


Ternyata pada strawberry juga ditemukan antioksidan dan zat kimia yang bisa membantu mengatasi peradangan pada sendi yang bisa menyebabkan arthritis dan bisa memicu penyakit jantung. Seperti yang diteliti oleh Harvard School of Public Health mengatakan bahwa wanita yang makan minimal 16 strawberry per minggu memiliki kemungkinan 14 persen lebih rendah mengalami peradangan. Jadi tak ada alasan lagi sekarang untuk tidak mengkonsumsi strawberry.

6. Menjaga tekanan darah


Bagi yang menderita darah tinggi, mengkonsumsi strawberry adalah cara alternatif karena dapat menurunkan tingkat tekanan darah tinggi. Hal tersebut diketahui karena pada buah strawberry terdapat potasium yang bisa menjaga tingkat tekanan darah.

7. Memperlancar pencernaan


Bagi Anda yang mempunyai masalah dengan pencernaan, mengkonsumsi strawberry ternyata dapat melancarkan pencernaan. Hal tersebut karena pada strawberry terdapat serat dan tak tanggung-tanggung pertakaran strawberry bisa menghasilkan dua gram serat, jadi bisa juga mencegah konstipasi dan peradangan pada usus. Selain itu, serta pada strawberry juga bisa mencegah diabetes tipe-2 karena memperlambat proses pencernaan dan penyerapan gula pada darah.

8. Menjaga berat badan


Apakah Anda sedang melakukan program diet dan menjaga berat badan? Mengkonsumsi strawberry pasti akan melancarkan program diet Anda. Jangan takut akan berat badan naik bila mengkonsumsi strawberry, karena pada strawberry hanya terdapat kalori yang sangat rendah, tidak ada lemak, dan sodium atau gula. Jadi sangat ampuh untuk menurunkan berat badan.

9. Menjaga kesehatan saat hamil


Pada strawberry juga terdapat folat dan vitamin B, pastinya zat tersebut sangat dibutuhkan bagi wanita hamil karena dapat membantu perkembangan otak dan tengkorak bayi, selain itu asam folat pada strawberry juga bermanfaat mencegah cacar lahir.

10. Memutihkan gigi


Manfaat buah strawberry lainnya adalah dapat memutihkan gigi, membuat napas lebih segar, dan dapat menghilangkan bau mulut. Kandungan asam malat dapat bertindak sebagai zat yang bisa mengikis noda-noda yang ada pada permukaan gigi bila Anda makan buah strawberry tiap hari.

11. Penyakit kanker


Kandungan serat, folat, vitamin C dan anti oksidan yang tinggi pada buah strawberry ternyata dapat mengurangi kadar kolesterol yang tinggi pada tubuh Anda, dan sudah pasti dapat mencegah penyakit kanker.

12. Meningkatkan daya ingat


Kandungan folat yang terdapat pada buah strawberry ternyata dapat meningkatkan atau mempertajam daya ingat, membuat otak lebih mudah berkonsentrasi dan memproses informasi lebih cepat. 

Lihat juga:

13. Tulang kuat


Strawberry kaya akan kandungan mangan, sekitar 21 % banyaknya yang ternyata dapat membatu menguatkan tulang Anda, mempertahankan kepadatan tulang, serta mencegah Anda terkena penyakit tulang keropos.

14. Mencegah anemia


Strawberry mengandung zat besi. Bagi Anda yang menderita anemia, mengkonsumsi strawberry adalah cara efektif untuk meningkatkan sel-sel darah merah di dalam tubuh. .

15. Suasana hati


Ingin suasana hati jadi rileks dan membuat mood Anda lebih baik, maka tak salahnya untuk mengkonsumsi buah strawberry. Strawberry dapat membantu pelepasan serotonin yang akan mempengaruhi suasana hati seseorang.

Manfaat Strawberry Bagi Kecantikan


Selain untuk kesehatan tubuh, manfaat buah strawberry lainnya adalah membuat Anda cantik sempurna. Konsumsi strawberry tiap hari untuk mendapatkan kulit yang mulus, bebas kerutan, dan pastinya menjadikan Anda awet muda. Ellagic acid pada strawberry diketahui bisa melindungi kolagen agar tak mudah rusak dan mencegah peradangan pada kulit. Berikut manfaat strawberry untuk kecantikan tubuh lainnya:

16. Mengobati jerawat


Sebel sama jerawat di wajah yang kunjung pergi, atau susah mencoba berbagai cara tradisional lainnya tapi jerawat masih betah saja di kulit wajah Anda, kenapa tak mencoba mengobati jerawat dengan buah strawberry saja. Kandungan asam salisiat yang ada pada buah strawberry ternyata dapat menghilangkan jerawat membandel pada wajah Anda. Cara nya cukup gunakan sebagai masker di wajah buah strawberry ini tiap hari, makan jerawat pun akan pergi.

17. Membuat kulit jadi halus


Manfaat strawberry lainnya bagi kecantikan adalah dapat menghaluskan kulit. Buah strawberry ini ternyata dapat mengangkat sel-sel kulit mati di tubuh, dan akan membuat kulit tubuh jadi lembut dan tampak cerah. Caranya cukup mudah, sehabis mandi gunakan lulur buah strawberry ini setiap hari, pijat lembut, dan bilas.

18. Menghilangkan kantung mata


Kandungan yang ada pada strawberry dapat mengurangi kantung pada mata atau mata panda. Caranya cukup mudah, potong atau iris dengan tipis buah strawberry, taruh pada mata sekitar 15 menit, lalu angkat dan bersihkan.

19. Perawatan rambut


Buah strawberry dapat juga Anda jadikan kondisioner rambut alami, karena strawberry dapat mengatasi berbagai permasalahan rambut. Caranya cukup tumbuk sampai hancur sekitar 10 buah strawberry, tergantung panjang pendek rambut Anda. Lalu tambahkan beberapa sendok mayones sehingga menjadi pasta lembut. Selanjutnya aplikasikan ke rambut Anda sebagai masker rambut, tutup dengan handuk atau topi mandi. Setelah 15-20 menit baru bilas sampai bersih. Nah dapatkan rambut lembut berkilau alami.

20. Scrub wajah


Supaya kulit wajah Anda tampak halus, sehat dan cerah, Anda bisa mencoba buah strawberry ini sebagai scrub wajah alami. Caranya cukup mudah, cukup belah menjadi dua buah strawberry, lalu gosok-gosok pada kulit wajah Anda selama 15 menit agar sari buah strawberry dapat meresap masuk kedalam pori-pori kulit wajah, selanjutnya baru bila dengan air sampai bersih.

Lihat juga:

Ternyata begitu banyak manfaat menakjubkan dari mengkonsumsi strawberry. Jadi jangan ragu lagi untuk mengkonsumsinya, dan jangan lupa menulisnya dalam daftar belanjaan Anda. Semoga artikel manfaat buah strawberry ini dapat bermanfaat bagi Anda. Terimakasih!