30 Manfaat Tomat untuk Kesehatan Dan Kecantikan Tubuh

Manfaat tomat bagi kesehatan tubuh - Tomat pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Tomat adalah buah dan sayur yang sangat populer dan hampir semua masakan menggunakan tomat. Buah yang ketika masak berwarna merah ini sangat banyak yang mengolahnya menjadi sambal dan sambal sendiri merupakan makanan khas Indonesia.

Cara menanam dan cara budidaya tomat ternyata sangat mudah untuk dilakukan oleh petani pemula dan bisa tumbuh subur di iklim cuaca Indonesia. Selain itu, harga buah tomat yang murah dan mudah didapatkan menjadi alasan tersendiri bagi kebanyakan orang untuk mengkonsumsi tomat. Jadi Anda tak salah untuk mencobanya dan mendapatkan manfaat buah tomat bagi kesehatan tubuh.

Mengkonsumsi tomat ternyata sangat bagus bagi kesehatan, kandungan di dalamnya sangat ampuh untuk mencegah, mengobati, dan melawan berbagai jenis penyakit yang ada di dalam tubuh Anda. Jadi sudah dipastikan manfaat tomat ini sangat luar biasa dalam menjaga kesehatan tubuh Anda.


Buah tomat ini memang memiliki kelemahan, yaitu tidak dapat bertahan lama bila dibandingkan dengan sayur lainnya. Supaya bisa tahan lama Anda mesti meletakkannya di dalam lemari pendingin. Tapi keuntungannya manfaat buah tomat ini sangat banyak bagi kesehatan tubuh manusia jika dibandingkan dengan jenis sayur lainnya, karena kandungan gizi di dalam buah tomat ini cukup banyak dan mampu mengobati berbagai jenis penyakit.

Kandungan Buah Tomat


manfaat tomat bagi kesehatan kecantikan

Di dalam 150 gram buah tomat kandungan nutrisi tomat cukup banyak, seperti vitamin A, C, K, folat dan kalium. Tomat juga mengandung sodium, lemak jenuh, kolesterol dan kalori yang rendah. Selain itu tomat juga mengandung mineral yang baik bagi tubuh manusia, seperti thiamin, niacin, vitamin B6, magnesium, FOSFOR dan tembaga. Tomat juga mengandung empat jenis karotenoid utama yaitu alpha, betakaroten, lutein, dan lycopene.

Ternyata cukup banyak kandungan nutrisi di dalam buah tomat bagi kesehatan tubuh kita. Dengan kandungan nutrisi tersebut pastinya dengan memakan tomat mentah satu saja, kesemua nutrisi di atas yang dibutuhkan oleh tubuh akan terpenuhi.

Nah lantas apa sajakah manfaat tomat bagi kesehatan dan manfaat tomat bagi kecantikan tubuh Anda? Berikut manfaat tomat untuk kesehatan tubuh:

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Tubuh


1. Banyak nutrisi


Manfaat buah tomat yang pertama adalah tomat kaya akan nutrisi. Nutrisi adalah suatu zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh Anda untuk memelihara dan menjaga kesehatan tubuh. Dari mengkonsumsi tomat saja, Anda bisa mendapatkan vitamin A, C, K, folat, potasium, serat, air dan mineral. Tidak hanya itu saja, buah tomat juga memiliki kalori yang rendah sehingga baik untuk menurunkan berat badan. Sodium, lemak jenuh, dan kolesterol dalam jus tomat juga rendah, jadi bagi siapa saja sangat dianjurkan mengkonsumsi tomat dan jus tomat.

Itulah kenapa tomat menjadi buah yang kaya akan nutrisi bagi semua orang. Anda bisa mengkonsumsi tomat dengan cara membuat jus.

Lihat juga
Cara berhenti merokok yang ampuh

2. Meningkatkan kekebalan tubuh


Kekebalan tubuh bisa juga diartikan sebagai imunitas tubuh. Kekebalan adalah dimana tubuh Anda tahan akan berbagai hantaman penyakit dan menyembuhkan penyakit. Kalau tubuh Anda sudah kebal, maka akan terbebas dari berbagai penyakit.

Untuk mendapatkan kekebalan tubuh, Anda bisa mendapatkannya secara alami dari tomat. Kandungan vitamin A dan C pada tomat bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Menurunkan kolesterol jahat


Kolesterol yang jahat di dalam tubuh bila tidak cepat di atasi akan berdampak pada kesehatan tubuh, dan berakibat muncul berbagai penyakit. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa mengkonsumsi jus tomat. Karena tomat kaya akan niacin, yang berfungsi untuk mengontrol jumlah kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Selain itu, serat yang ada didalamnya juga dapat membantu menghilangkan kolesterol jahat.

4. Kesehatan jantung


Selain menurunkan kolesterol jahat, manfaat buah tomat lainnya adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Jantung adalah organ yang sangat penting bagi tubuh yang berperan sebagai sistem peredaran darah. Bila jantung Anda bermasalah akan berdampak sangat serius bagi kesehatan Anda. Dengan mengkonsumsi tomat, kesehatan jantung Anda akan terjaga.

Vitamin B6 yang ada pada tomat akan membantu melindungi pembuluh darah dari kerusakan. Selain itu, tomat juga mengandung potasium yang berfungsi menurunkan tekanan darah pada tubuh.

5. Dapat menurunkan berat badan


Bila Anda masih kesulitan menurunkan berat badan, tomat bisa jadi alternatif lain menurunkan berat badan. Kalori yang rendah pada tomat tidak akan menaikkan berat badan Anda.

Selain itu, tomat juga membuat Anda kenyang dan kandungan nutrisi di dalamnya membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Untuk caranya, Anda bisa membuat jus tomat. Minum jus tomat tidak hanya membuat Anda sehat, tetapi dapat membuat berat badan turun.

6. Bermanfaat bagi penderita diabetes


Bagi yang menderit penyakit diabetes, mengkonsumsi jus tomat sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Hal tersebut terjadi karena tomat mengandung vitamin B1, yang berfungsi mengubah gula darah menjadi energi, jadi sangat aman diminum pagi penderita diabetes.

7. Antioksidan


Kandungan antioksidan pada tomat adalah beta-carotene. Selain itu, tomat juga diperkaya dengan vitamin A dan C. Semuanya bekerja sama untuk melawan radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Jadi jangan ragu untuk meminum jus tomat karena akan melawan berbagai penyakit yang ada di dalam tubuh Anda.

8. Pelawan kanker


Kanker adalah penyakit yang sangat ganas, penyakit kanker dapat menyerang berbagai macam anggota tubuh. Jadi tak heran, kalau kanker adalah penyakit yang sangat ditakuti. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa makan tomat mampu menurunkan resiko kanker lambung dan usus besar. Pasalnya di dalam tomat mengandung lycopene, antioksidan alami yang menghambat pertumbuhan sel kanker.

9. Memperkuat tulang


Manfaat buah tomat lainnya dapat memperkuat tulang. Tulang adalah kerangka penumpang tubuh, bila tulang Anda bermasalah, pastinya akan terasa sakit di tubuh waktu menggerakkannya. Untuk cara memperkuat tulang, Anda bisa meminum jus tomat. Tomat kaya akan vitamin K dan kalsium yang menjaga kekuatan tulang.

10. Mencegah batu ginjal


Batu ginjal adalah massa yang keras dan berbentuk seperti batu yang terbentuk sepanjang saluran kemih. Bila Anda sudah mengidap penyakit ini, Anda akan mengalami nyeri, pendarahan, dan penyumbatan saluran kemih. Untuk mencegah akan batu ginjal, jadi jangan malas untuk mengkonsumsi tomat.

11. Menyehatkan mata


Mata adalah organ tubuh yang sangat penting juga. Tomat yang kaya akan vitamin A ternyata bermanfaat bagi mata dan membuat mata akan sehat. Jangan lupa untuk rutin mengkonsumsi tomat supaya mata Anda jadi sehat, apalagi kegiatan Anda setiap hari di depan PC atau menatap layar hp terus.

12. Efek merokok


Kandungan asam chlorogenic dan coumaric pada tomat dapat melawan karsinogen yang ditimbulkan dari rokok. Nah sangat baik bagi Anda yang perokok atau baru saja berhenti merokok.

13. Memperbanyak ASI


Bagi Anda yang sedang ibu hamil atau yang sedang menyusui, ternyata mengkonsumsi tomat bisa memperbanyak produksi ASI loh. Untuk mendapatkan manfaat dari tomat ini yaitu memperbanyak ASI jangan lupa tomatnya dimasak dulu ya, karena akan memberikan hasil yang terbaik.

14. Menghilangkan rasa sakit


Kandungan bioflavonoid dan karotenoid, merupakan zat anti inflamasi ternyata efektif dapat mengurangi rasa nyeri, pegal, nyeri otot, atau sakit pinggang. Jangan lupa untuk mengkonsumsi tomat untuk mengatasi masalah nyeri tersebut ketimbang Anda menempel koyok.

15. Makanan pembentuk otot


Selain olahraga angkat beban dan istirahat yang cukup, faktor makanan juga berperang penting dalam membentuk otot Anda, tanpa makanan yang pas, otot Anda tidak akan terbentuk. Apalagi bila Anda salah memilih makanan pasti badan Anda tidak akan terbentuk, malah jadi obesitas. Nah dengan memakan tomat ternyata bisa membantu Anda membentuk otot.

Tomat adalah makanan alami kaya protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, dan sudah pasti akan mudah membentuk otot Anda.

Lihat juga:

16. Memenuhi vitamin harian


Untuk mencukupi kebutuhan vitamin harian Anda, mungkin mengkonsumsi buah yang lain tidak bisa Anda penuhi karena harga buah mahal, jadi Anda cukup mengkonsumsi tomat saja. Dengan mengkonsumsi tomat saja, 20 % kebutuhan vitamin harian Anda akan terpenuhi dari buah tomat.

17. Mengontrol gula darah


Gula di dalam darah bila tidak di kontrol dan melewati batas wajah pasti akan berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda dan akan mengakibatkan penyakit diabetes. Maka konsumsi tomat bisa mengurangi resiko terkena diabetes, tomat akan mengontrol gula darah di dalam tubuh Anda.

18. Kanker payudara


Bagi wanita tomat mesti rajin Anda konsumsi. Karena tomat kaya akan vitamin D yang bisa menghambat pertumbuhan sel kanker. 

19. Kesehatan usus


Manfaat tomat lainnya adalah mampu menjaga usus. Tomat bisa membersihkan bakteri di dalam usus yang di bawah oleh makanan yang Anda makan. Serta akan membantu melancarkan pencernaan, jadi Anda tidak akan sembelit.

20. Penyembuhan luka


Kandungan seng di dalam tomat ternyata bermanfaat membantu penyembuhan luka.

21. Menyuburkan reproduksi


Manfaat buah tomat selanjutnya adalah membuat subur sistem reproduksi pria dan wanita.

22. Kanker prostat


Seng yang ada di dalam tomat juga mampu menjaga kesehatan pria dari kerusakan kelenjar prostat. Jadi bisa mencegah kanker prostat dengan mengkonsumsi tomat.

23. Wanita hamil


Manfaat tomat bagi wanita selain memperbanyak asi, juga dapat membantu penyempurnaan pembentukan DNA pada janin dengan kandungan zinc atau seng yang ada pada buah tomat. Jadi sangat cocok di konsumsi bagi wanita hamil.

24. Memperkuat ingatan


Tomat ternyata dapat memperkuat ingatan. Tomat bisa membentuk transmisi sinyal saraf, jadi bagus bagi ingatan Anda. Anda bisa bekerja lebih fokus.

Manfaat Tomat Untuk Kecantikan Tubuh


25. Kesehatan kulit


Manfaat buah tomat lainnya dapat menjaga kesehatan kulit. Kandungan beta karoten pada tomat ternyata bisa menjaga kulit tetap sehat. Beta karoten pada tomat berfungsi untuk memperlambat dan menunda proses penuaan pada kulit. 

26. Menghilangkan jerawat


Tak hanya itu, tomat juga bisa menghilangkan jerawat pada wajah dan juga kutil, caranya aplikasikan tomat yang telah di buat jus pada wajah, dan bilas dengan air sesudah 15 menit. Lakukan cara ini rutin tiap hari, dan dapatkan kulit wajah bersih tanpa jerawat.

27. Pori pori wajah


Manfaat tomat bagi kecantikan lainnya adalah dapat mengecilkan dan mengencangkan pori-pori wajah. Anda bisa membuat masker tomat, jangan lupa untuk pijat, diamkan selama 15 menit baru bilas dengan air sampai bersih.

28. Mencerahkan kulit


Tomat juga bisa membuat kulit kusam jadi cerah kembali. Kandungan vitamin C pada tomat membatu menjaga kesehatan kulit dan membantu mencerahkan kulit. Caranya cukup mudah, siapkan beberapa irisan tomat, lalu tempel pada kulit wajah Anda, dan dapatkan kulit wajah yang cerah serta bersih.

29. Kulit berminyak


Bagi Anda yang memiliki masalah kulit berminyak Anda bisa mencoba menghilangkan wajah berminyak dengan cara alami yaitu dengan buah tomat. Tomat ternyata dapat membantu menghilangkan minyak berlebih di wajah.

Caranya siapkan dua buah tomat yang sudah matang, Anda bisa membuat juga tomat tersebut, lalu oleskan pada wajah Anda. Tunggu sampai kering lalu bilas. Lakukan cara ini tiap hari, lalu dapatkan kulit wajah yang bebas minyak.

30. Manfaat Tomat Bagi Rambut


Tomat ternyata memiliki manfaat juga untuk kesehatan rambut Anda. Berikut manfaat tomat untuk rambut:
  • Mengatasi rambut rontok
  • Kondisioner alami
  • Membersihkan kotoran pada rambut
  • Menghilangkan bau pada kulit kepala
  • Membuat rambut kuat
  • Dapat menghilangkan ketombe, dan
  • Membuat rambut lembut dan berkilau

Bahaya Makan Tomat


Makanan sehat bila terlalu banyak dikonsumsi malah bukan manfaat kesehatannya yang akan Anda dapat tapi bisa menimbulkan berbagai macam penyakit, lantas apa saja bahaya tomat bagi kesehatan tubuh bila terlalu banyak di konsumsi? Berikut bahaya makan tomat:
  • Melemahnya sistem imum
  • Permasalahan saluran cerna
  • Kelebihan vitamin
  • Membentuk batu ginjal

Lihat juga:

Nah bila kesemua bahaya tomat diatas tidak melanda Anda, maka sewajarnya saja memakan tomat dan tidak berlebihan.

Itulah manfaat buah tomat bagi kesehatan tubuh. Jangan sungkan mengkonsumsi tomat dalam bentuk masih segar dan bisa juga membuat jus tomat untuk mendapatkan kesemua manfaat di atas. Terimakasih dan semoga bermanfaat.